≡ Menu
werno-werno.com

Tips mengurangi resiko kesehatan akibat komputer

Di zaman yang serba gadget seperti sekarang ini, penggunaan perangkat seperti laptop dan komputer PC sudah bisa ditawar lagi. Terutama, bagi orang yang bekerja di bidang IT atau di dunia blogging. Penggunaan komputer yang berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama, bisa menimbulkan beberapa resiko kesehatan, diantaranya adalah:

Tips mengurangi resiko kesehatan akibat komputer

  • paparan radiasi elektromagnetik
  • paparan panas (dari laptop)
  • masalah posisi duduk dan postur tubuh
  • paparan cahaya biru (blue light)

Tidak bisa dipungkiri, meski teknologi membawa banyak manfaat, namun di sisi lain gadget juga membawa efek samping dan resiko yang berbahaya bagi tubuh. Berhubung kita tidak bisa menghindar dari penggunaan komputer, maka kita harus mencari solusi untuk mengalihkan masalah dan mengurangi resikonya. Berikut adalah tips untuk mengurangi dan menghindari resiko yang ditimbulkan dari penggunaan komputer:

  1. Paparan radiasi elektromagnetik

Ada beberapa jenis radiasi yang dipancarkan dari berbagai macam gadget, terutama laptop dengan resiko yang berbeda-beda:

Jenis radiasi Contoh perangkat Frekuensi perangkat Efek biologis
Extremly Low Frequency (ELF) Computer PC, laptop, smartphone, tablet, pemanggang roti 1-300 KHz Mengganggu fungsi sel tubuh, merusak DNA, memutasi sel
Radio Frequency (RF) / Microwave (MW) Oven microwave, smartphone, laptop, tablet, WiFi, pendeteksi gerak 900 MHz -10 GHz Memanaskan jaringan tubuh, mengganggu fungsi sel, kemungkinan carcinogenic

Memutasi sel, merusak DNA

Meski paparan radiasi elektromagnetik sangat besar seperti mengganggu pertumbuhan janin dan anak-anak, menyebabkan cacat, bahkan memicu kanker, namun kabar baiknya adalah ada beberapa tips untuk melindungi tubuh dari efek buruk tersebut, diantaranya :

  • Membatasi waktu yang kita habiskan dalam menggunakan perangkat computer.
  • tidak meletakkannya terlalu dekat ke tubuh kita. Karena sifat alami energi, secara otomatis radiasi akan semakin kuat saat kamu semakin dekat dengan sumbernya. Misalnya saja, jika jarakmu 2 inchi dari sumber radiasi, maka kamu akan merasakan ¼ dari jumlah radiasi dibandingkan saat kamu berjarak 1 inchi.
  • memakai pelindung agar tidak bersinggungan secara langsung dengan computer, yakni dengan menggunakan alat pelindung yang disebut dengan Defender Pad untuk memberikan jarak antara pangkuanmu dengan laptop dan akan memblok semua frekuensi dan panas yang dipancarkan computer.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment