Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

by Ummi on November 17, 2017

Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang secara teratur mendapati diri mereka hanya bisa terguling-guling susah tidur di tempat tidur pada dini hari, maka degan membaca artikel ini bisa menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan. Karena tidak bisa tidur nyenyak di malam hari bisa membuat kita frustrasi, kamu akan merasa benar-benar hancur keesokan harinya, dan hal itu bisa merusak kesehatan Anda. Ada beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidurmu, jadi bacalah Tips Meningkatkan Kualitas Tidur berikut ini ;

tips tidur berkualitas

Tidurlah tepat waktu!

Jika kamu memiliki anak, kamu mungkin pandai dalam mengatur agar mereka pergi tidur pada waktu yang tepat, tapi apakah Anda mengikuti saran itu sendiri? Anda akan tidur jauh lebih baik nyenyak jika selalu tidur pada saat yang sama dan Anda juga akan selalu bangun pada waktu yang sama di pagi hari. Tubuh Anda menyukai jika bekerja dengan pola tidur yang teratur, jadi tetaplah ikuti jadwal tidur Anda, bahkan di akhir pekan sekalipun, dan Anda akan mudah tidur.

Berhenti minum minuman berkafein di sore hari

Kebanyakan orang menikmati secangkir kopi di pagi hari, tapi jika Anda terus minum minuman berkafein sepanjang hari, itu pasti akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Pastikan untuk tidak minum minuman berkafein sama sekali setelah tengah hari dan itu akan memberi waktu bagi efek stimulan kafein agar hilang sebelum Anda tidur.

Matikan lampu, tepat sebelum tidur

Anda bisa mulai membuat tubuh Anda siap untuk tidur dengan mematikan lampu di rumah Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Apapun jika cahaya terang akan menipu otak Anda agar berpikir bahwa benda itu masih terang di luar, dan membuat Anda berpikir bahwa Anda masih harus bangun. Itu juga mencakup cahaya dari layar komputer dan perangkat lainnya, jadi matikan dulu juga.

Makan makanan yang tepat sebelum tidur

Hindari makan makanan besar terlalu dekat dengan waktu Anda tidur, atau itu akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Jika Anda merasa membutuhkan camilan larut malam, hal terbaik untuk makan adalah sebagian kecil dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti semangkuk sereal, atau beberapa potong roti gandum utuh. Ini akan membuat Anda berhenti merasa lapar di malam hari, tapi tidak akan memberi Anda lonjakan kadar gula darah yang bisa membuat Anda susah tertidur.

Tulis semua kekhawatiranmu

Salah satu alasan paling umum untuk tidak tidur adalah Anda terus saja memikirkan masalah Anda di kepala Anda dan Anda tidak bisa berhenti untuk mencemaskannya. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah membuat daftar kekhawatiran Anda dan menyiapkan rencana untuk hari berikutnya. Itu akan membuat pikiran Anda beristirahat tanpa harus memikirkan hal-hal saat Anda terbaring di tempat tidur.

Pastikan kamar tidur Anda cukup gelap

Jika kamar tidur Anda tidak cukup gelap, otak Anda akan berpikir bahwa ia harus terjaga dan waspada. Pastikan gorden Anda cukup tebal untuk menahan cahaya dan jangan biarkan perangkat elektronik dinyalakan di ruangan yang bisa memberi cahaya yang bisa mengganggu tidur Anda.

Mandilah air hangat sebelum tidur

Jika Anda mandi air hangat sebelum tidur, itu akan bekerja dengan dua cara untuk membantu Anda tidur. Pertama, kehangatan air mandi akan mengendurkan otot dan menenangkan kekhawatiran hari ini dan kedua, saat Anda keluar dari bak mandi, tubuh Anda akan terasa dingin, yang akan membantu membuat Anda merasa mengantuk. Ilmuwan tidak bisa menjelaskan dengan pasti mengapa mandi bisa membuat Anda merasa mengantuk, tapi itu memang berhasil.

Jangan tidur siang di siang hari

Jika Anda menderita insomnia, kemungkinan besar Anda akan merasa mengantuk di siang hari, tapi sebaiknya hindari tidur siang hari jika mungkin. Jika Anda tidur di siang hari, Anda akan merasa lebih sulit untuk tidur di malam hari. Cobalah untuk tetap terjaga sepanjang hari, bahkan jika Anda benar-benar lelah, dan kemudian Anda akan bisa kembali ke pola tidur yang tepat.

Lakukan lebih banyak olahraga di siang hari

Semakin Anda aktif secara fisik, semakin baik Anda akan tidur, maka cobalah dan buatlah lebih banyak jenis olahraga ke dalam rutinitas harianmu. Meskipun begitu, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, atau Anda akan merasa lebih sulit lagi untuk tidur. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari.

Jadikan kamar tidur Anda senyaman mungkin

Lingkungan tempat Anda tidur bisa membuat perbedaan besar dengan kualitas tidur Anda. Selain menjaga kamar tidur Anda tetap gelap, Anda juga harus memastikan bahwa itu adalah lingkungan yang santai. Jaga agar ruangan tidur tetap sejuk, matikan sebanyak mungkin kebisingan luar yang Anda bisa, dan jaga agar tetap tertata rapi juga. Percaya atau tidak, beberapa penelitian telah menemukan bahwa jika kamar tidur Anda berantakan, Anda tidak akan tidur dengan mudah.