Tips Menjinakkan Rambut Kusut

by Ummi on August 15, 2015

Apa kamu sedang frustasi mengatasi rambut kusut yang susah diatur? Tenang saja, kamu tidak sendirian. Rambut kusut adalah masalah rambut yang umum dialami, terutama pada saat cuaca lembab di musim kemarau seperti ini. Rambut kusut terjadi saat semua kelembaban dari rambutmu menguap melalui kutikula rambut yang terangkat, dan menyebabkan helai rambut menjadi mengembang. Untungnya, dengan menggunakan tips tertentu kamu bisa lebih mengendalikan rambut kusutmu dengan cara yang tak sesulit yang kamu kira. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjinakkan rambut kusutmu :

cara mengatasi rambut kusut

Mulailah dari kamar mandi

Kurangi jumlah shampoo yang kamu gunakan, tapi jangan kurangi penggunaan kondisioner. Hal ini memang tampaknya kontraproduktif karena suhunya akan melonjak dan rambutmu terasa lebih berminyak. Namun, rahasia menjaga rambutmu bebas kusut adalah dengan menjaganya tetap terhidrasi. Coba ganti shampoomu dengan kondisioner pembersih, dan andalkan pemakaian shampoo kering (dry shampoo) diantara beberapa kali bilasan.

Jika kamu mengeringkan rambutmu secara alami (dengan angin)

Selesai keramas langsung pergi, kedengerannya tidak masuk akal bukan? Namun jika kamu membiarkan rambut basahmu kering dengan sendirinya, hal tersebut sebenarnya membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyerap kelembaban (kutikula rambut paling rapuh saat dalam kondisi basah). Jadi gunakan tips berikut ini untuk melawan kusut setelah mandi dan keramas :

  • Hindari mengeringkan rambut dengan handuk

Serat tebal dari handuk bisa menyebabkan gesekan yang akan memperkasar kutikula sehingga rambut mudah kusut. Lebih baik, gunakan kaos atau T shirt lembut berbahan katun, atau handuk yang memiliki serat kecil (micro fiber); keduanya memiliki serat yang lebih halus yang akan menyerap air tanpa merusak rambut. Dan saat mengeringkan, cukup lap sambil ditekan perlahan saja, jangan memelintir, menarik, atau menggosok rambut dengan kasar.

  • Terapkan minyak rambut

Gunakan minyak khusus rambut ke helai rambut yang masih basah, mulai dari pertengahan batang rambut hingga ke ujung. Peningkat kecantikan ini akan menangkis ujung rambut yang kering dan mengencangkan kutikula untuk membantu mengatasi rambut kusut. Jika rambutmu tipis, cukup gosokkan dua tetes minyak diantara kedua telapak hingga nyaris tidak ada dan usapkan ke seluruh rambut. Jika rambutmu tebal, maka akan membutuhkan jumlah minyak yang lebih banyak lagi.

  • Gelung rambutmu dan angin-anginkan

Dengan menyanggul atau menggelung rambutmu dan diangin-anginkan, sebagian besar rambut akan dilindungi dari dorongan penyerapan kelembaban selama kamu melakukan perjalanan diluar rumah. Manfaat  lain dari teknik mengangin-anginkan ini adalah, rambutmu akan memiliki tekstur yang mudah ditata ketika waktu digeraikan turun telah tiba.

Jika kamu mengeringkan rambut dengan blow dry

Saat rambut kering bertemu dengan udara lembab, pyufhh pasti kusut. Jika kamu memilih untuk mengandalkan blow dryer, jagalah agar kelembaban tidak mengusutkan rambut rapimu dengan tips sederhana berikut ini:

  • Mulailah dengan yang utama

Serum pelembut yang berbahan dasar silikon, akan bertindak seperti layaknya jas hujan, menciptakan penghalang ringan pada rambut yang akan mengusir kelembaban udara. Gunakan serum dalam jumlah sedikit, hindari akar rambut sebelum menata, sementara rambut masih basah.

  • Bersabarlah saat sedang memblow dry rambutmu

Sebelum menekan tombol ‘off’ pada blow dryer, pastikan rambutmu sudah 100% kering. Jika kamu pikir kamu sudah selesai, tunggu beberapa menit untuk merasakan apakah masih ada bagian yang basah. Kelembaban yang masih tersisa akan menyebabkan helai rambut terlipat dan kasar nantinya. Selesaikan dengan tembakan akhir hembusan udara yang sejuk “cool” untuk menutup kutikula.

  • Berikan dukungan tambahan untuk rambut lembutmu

Sentuhan akhir hair spray akan membantu menjaga rambutmu yang baru saja ditata halus dengan sempurna. Cari produk spray yang berlabelkan ‘anti-humidity’ atau ‘humidity resistant’. Spray jenis ini akan cepat kering dan meninggalkan lapisan hydrofobik yang akan mengusir air.

waktunya untuk sentuhan ulang (touch up)

  • Sisir rambut yang kusut

Tundukkan kepalamu dan balikkan rambutmu, lalu sisir untuk membantu menyalurkan minyak alami dari kulit kepala, merehidrasi area yang rapuh, serta membantu mengunci kelembaban.

  • Perhalus rambutmu dengan krim

Apa kamu punya krim tangan yang serba guna atau lip balm yang tersimpan didalam tas kecilmu? Krim yang bertekstur nyaman ini akan membantu memberi rongga folikel rambut dan menambah bobot rambut layaknya krim pelembut. Gosokkan secolek krim ini diantara jari-jarimu dan usapkan di sepanjang helai rambut yang kusut dan susah diatur. Namun jangan terlalu banyak junlahnya, jika tidak ingin rambutmu tampak terlalu berminyak.

  • Kuncir rambutmu

Terkadang, solusi terbaik adalah yang paling kentara : yakni bagi rambutmu ke sisi yang berkebalikan dari bagian rambut yang biasanya, lalu tarik helai rambut ke belakang dengan gaya ekor kuda yang rendah dan ikat dengan karet rambut.