Tips menyeimbangkan nutrisi untuk kesehatan anak

by Ummi on December 13, 2014

Asupan makanan yang dikonsumsi anak-anak haruslah sehat dan bernutrisi seimbang untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka. Orang tua adalah teladan terpenting dalam kehidupan anak-anak. Menyiapkan makanan setiap hari dan mendorong aktifitas fisik anak adalah dua hal yang bisa kamu lakukan untuk berbagi pengalaman demi hidup yang sehat bersama anak-anakmu.

Tips menyeimbangkan nutrisi untuk kesehatan anak

Memilih makanan yang seimbang dari semua jenis kelompok makanan adalah sebuah rahasia untuk makan yang sehat bagi anak-anak. Berapa banyak jumlah dan kadar makanan yang harus dikonsumsi setiap anak berbeda-beda diantara masing-masing individu. Porsi makanan untuk balita dan anak usia pra sekolah, seharusnya lebih sedikit (misalnya setengah gelas susu atau separo pisang), karena menyesuaikan dengan kemampuan makan mereka. Tawarkan anakmu berbagai macam makanan yang bernutrisi, dan mereka secara alamiah akan mengatur jumlah yang mereka makan. Makanan atau camilan sebaiknya dihentikan saat anakmu sudah mulai merasa tidak lapar lagi dan mulai memainkan makanan atau tampak sudah tidak tertarik lagi. Dengan beranjak dewasa, mereka akan makan dalam porsi yang lebih banyak untuk menyesuaikan kebutuhan perkembangan tubuh dan selera makan mereka.

Yang terpeting, setiap orang tua harus mengetahui lima elemen penting dari semua kelompok makanan yang harus disajikan dalam piring, yang terdiri dari:

  • 1. buah-buahan dan sayuran yang akan memenuhi separo piring.
  • 2. beberapa protein yang bebas lemak seperti ikan dan telur.
  • 3. sumber kalsium dan vitamin D seperti susu.
  • 4. biji-bijian utuh yang penuh serat dan vitamin seperti gandum dan beras merah.
  • 5. karbohidrat.

Menyediakan sajian yang sehat dan bergizi seimbang merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Terkadang, anak hanya menyukai beberapa dan menolak yang lain, atau bahkan menolak sama sekali. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips dan strategi yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyajikan makanan yang bergizi seimbang bagi anak-anak dan seluruh keluarga:

  • buatlah menu makanan dengan berbagai warna dari semua kelompok makanan, lalu suruh anak untuk memilih salah satu menu dari setiap kelompok makanan yang akan mereka makan saat jadwal makan tiba.
  • sediakan berbagai macam makanan dari setiap kelompok makanan.
  • dorong anakmu untuk mencoba satu sendok dari setiap kelompok makanan untuk mencicipi rasanya.
  • sediakan beberapa buah dan sayuran untuk mereka pilih. Baik itu berupa buah utuh atau yang sudah di iris-iris.
  • anak-anak bisaanya suka menyendok. Kamu bisa membuat sayuran yang dipotong-potong kecil lalu diberi dressing (saus) yang rendah lemak.
  • dorong anak-anak untuk bersenang-senang dengan memenuhi piring mereka dengan makanan yang beraneka warna. Kamu akan lihat, bahwa makanan yang beraneka warna cenderung lebih sehat.
  • jika anak menolak makanan yang berupa biji utuh seperti gandum, maka kamu bisa mencampurnya dengan yang lain. Misalnya, campur nasi putih dengan nasi beras merah. Dengan cara ini, akan membantu mereka terbiasa dengan cita rasanya.
  • potong-potong daging tanpa lemak dalam porsi kecil sebelum meletakkannya ke dalam piring, sehingga lebih menarik bagi anak-anak yang memiliki mulut kecil.
  • hindari memberikan minuman yang bersoda atau mengandung banyak gula dan jus buah selama makan. Jika mereka terus ngotot minta jus, maka kamu bisa membuatkan segelas jus dengan 100% buah murni.
  • sertakan air putih kedalam bagian makanan yang sehat karena bagus untuk pencernaan.

Jika anak-anak mau makan makanan yang bergizi seimbang dari semua kelompok makanan, maka mereka akan merasa semakin baik dan lebih berenergi..