≡ Menu
werno-werno.com

Tips Menyimpan & Menata Koleksi Sepatu

Sebagai seorang wanita, tentu sangat lumrah kalau kita sangat gemar membeli dan mengkoleksi berbagai macam item fashion, mulai dari topi, tas, kacamata, perhiasan, jam tangan, hingga sepatu. Apalagi kalau sedang melihat diskon (sale) di suatu mall, pasti kita akan langsung menyerbunya.

Salah satu item fashion yang paling banyak digemari adalah sepatu. Bahkan ada sebagian wanita yang sampai memiliki ratusan koleksi sepatu dan rela berburu koleksi sepatu impor bermerek hingga ke Negara asalnya. Namun, yang seringkali diabaikan adalah, soal penyimpanan dan penataan sepatu-sepatu tersebut. Banyak dari mereka yang hanya menaruh deretan sepatunya di kolong tempat tidur, atau menumpuknya di pojok kamar, atau sekedar menaruhnya begitu saja di lemari tanpa ditata. Lalu apa gunanya kamu memiliki banyak pasang sepatu bagus dan mahal jika kamu hanya menggeletakkannya begitu saja, tanpa tahu di mana tempatnya dan tidak rajin menatanya?

Agar koleksi sepatu favoritmu bisa tersimpan dan tertata dengan rapi, simak tips penataan dan penyimpanan sepatu berikut ini :

Beli rak sepatu bertumpuk

Ruang. Kita semua perlu lebih banyak ruang, tapi sayangnya ruang yang ada di bagian lantai lemari dengan dasar untuk menggantung pakaian hanya sekitar 1-2 kaki saja.

Tip: Untuk mendapatkan ruang dua atau tiga kali lipatnya, beli rak sepatu tumpuk untuk membuat 2 -3 baris tambahan penyimpanan. Ini bisa berarti ada perbedaan antara menyimpan 10 pasang sepatu vs 30 pasang. Jika lemarimu adalah jenis lemari tersembunyi (deep closet), maka jangan lupa pula untuk mengambil keuntungan dari lemari tersebut – deretkan 2 tingkat rak untuk membuat rak tambahan yang besar.

Atur sesuai musim dan daya pakai

Jika kamu tinggal di sebuah kota yang memiliki musim yang ekstrim maka ambil beberapa menit untuk menganalisa pengaturan sepatu-sepatumu. Solusi perbaikan yang mudah : pada awal setiap musim buatlah daftar inventarisasi sepatumu dan singkirkan gaya sepatu yang tidak akan dipakai selama 90-180 hari ke depan. Ini berarti kamu bisa menempatkan sepatu dalam kotak penyimpanan di bawah tempat tidur atau menaruh sandal dalam keranjang tersembunyi di garasi. Juga pastikan untuk menempatkan model sepatu sehari-harimu di mana mereka dapat dengan mudah diakses. Dengan menerapkan kedua solusi ini akan membuat pilihan sepatu lebih banyak terfokus dan kamu tidak perlu terlalu repot mencari sepatu yang akan kamu gunakan di setiap musim.

Lakukan pembersihan

Bersihkan lemarimu. Tidak peduli betapa sulitnya mungkin untuk menyingkirkan sepatu bermerek yang pernah booming di era 1990, namun kinilah saatnya. Konsisten untuk menyingkirkan dan menyumbangkan sepatu (dan juga pakaian) adalah cara terbaik untuk menjaga lemari tetap terorganisir.

Tip: jawab pertanyaan berikut : “kapan terakhir kali saya memakai sepatu ini?” Jika jawabannya adalah lebih dari setahun sebelumnya, maka saatnya untuk melupakannya. Kecuali jika sepatumu tersebut adalah sepasang sepatu buatan desainer terkenal yang bisa dijadikan investasi fashion, maka kamu boleh tetap menyimpannya.

Hemat ruang dengan gaya bolak balik

Trik menghemat-ruang yang paling mudah dalam buku adalah : bolak balik posisi setiap sepatu. Apa artinya ini? sepatu kanan ditaruh menghadap ke atas dan sepatu kiri menghadap ke bawah (berhadapan), bisa merapatkan semua area permukaan mereka dan memungkinkan untuk sepatu lebih berjajar. Ini bekerja baik terutama untuk sepatu hak tinggi! Dengan menerapkan keempat tips ini, maka kamu akan memiliki satu strategi sepatu yang terorganisir! Siapa tahu, mungkin kamu bahkan akan membuat ruang untuk beberapa pasang sepatu baru lagi!

0 comments… add one

Leave a Comment