≡ Menu
werno-werno.com

Tips Merawat Dan Mencuci WIG

Apakah kamu termasuk salah seorang yang menggunakan wig? Atau kamu bahkan seorang kolektor wig? Jika iya, maka kamu tentu sudah tahu bahwa merawat wig tidak semudah merawat rambut asli. Wig harus kita perlakukan dengan hati-hati agar tetap awet dan kelihatan bagus saat kita pakai. Berhubung wig memiliki berbagai macam jenis model dan bahan, seperti wig sintetis, feather –light, lace front, hingga rambut manusia asli, maka untuk mendapatkan hasil terbaik, tentu membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pula. Nah, setelah sebelumnya kita bahas tentang bagaimana tips membeli wig yang tepat, maka kali ini akan kita bahas tentang bagiaman tips merawat dan mencuci wig :

cara mencuci wig

Cara merawat & mencuci wig

Dengan perawatan wig yang tepat akan membuat wigmu akan tetap tampak terlihat baru. Sebagian besar wanita lebih memilih untuk memiliki lebih dari satu wig, tidak hanya untuk sebagai alternatif gaya rambut, namun juga untuk memberikan cukup waktu untuk proses pecucian dan pengeringan. Frekuensi dari pencucian tergantung pada beberapa faktor seperti kualitas udara dan kelembaban. Secara umum, sebuah wig sebaiknya dicuci setelah dipakai sebanyak 8-12 kali, namun itu bisa saja bervariasi.

Untuk merawat wigmu, ikuti intruksi pabrik atau ikuti instruksi sederhana yang akan kami ulas berdasarkan dengan jenis wigmu sebagai berikut ini :

Cara merawat wig rambut manusia

  • Sebelum mencuci, sikatlah wig dengan lembut secara menyeluruh menggunakan sikat khusus wig. Untuk wig dengan keriting yang rapat, jangan menyikatnya, namun gunakan jari-jari dan secara lembut hilangkan kekusutannya. Gunakan shampoo yang lembut untuk mencuci wig.
  • Dalam wastafel atau baskom, tambahkan sedikit shampoo ke air dingin. Keluarkan bagian dalam wig ke luar dan benamkan ke baskom tadi. Dengan lembut, putar-putar wig dan biarkan terendam selama kurang lebih 5 menit.
  • Bilas wig lembut dalam air dingin sampai semua shampoo akan dihilangkan. Bilas sebanyak dua kali.
  • Terapkan kondisioner dengan lembut diatas wig dan biarkan selama 2 menit untuk memungkinkan kondisioner meresap ke dalam rambut. Bilas wig dengan lembut dalam air dingin sampai semua kondisioner hilang. Bungkus wig dengan handuk dan tepuk-tepuk lembut untuk mengeluarkan kelebihan air. Opsional: kamu juga bisa menerapkan spray conditioning yang sangat ringan di atas wig, dan semprotkan dalam jarak 10-12 inci dari wig.
  • Tempatkan wig bersih pada wig stand dan biarkan kering dengan udara secara menyeluruh sebelum menyikatnya atau menyisirnya. Jangan biarkan wig kering di bawah sinar matahari langsung.

Cara mencuci wig sintetis

  • Sebelum mencuci, sikat lembut wig secara menyeluruh dengan sikat wig. Untuk wig dengan ikal yang rapat, jangan disikat, namun gunakan jari dan dengan lembut hilangkan kusutnya. Gunakan wig shampoo yang diformulasikan khusus untuk wig sintetis. Dalam wastafel atau baskom, campurkan sampo dengan air dingin saja. Keluarkan bagian dalam wig dan benamkan. Putar-putar wig dengan lembut dan biarkan terendam selama 5 menit.
  • Bilas wig dengan lembut dalam air dingin sampai semua shampoo hilang. Terapkan 1-2 capfuls kondisioner wig. Biarkan serat untuk menyerap kondisioner selama sekitar 2 menit. Bilas wig dengan lembut dalam air dingin sampai semua kondisioner hilang. Bungkus wig dengan handuk dan tepuk-tepuk lembut untuk mengeluarkan kelebihan air. Jangan menggosok-gosok wignya.
  • Semprotkan revitalizing conditioner diatas seluruh permukaan rambut palsu. Ini lebih lanjut akan mengkondisikan serat wig.

Penting: Untuk mencegah kerusakan serat, jangan gunakan pengering rambut, curling iron atau alat bantu pengeringan lainnya dan jaga wig jauh dari semua sumber panas berlebih atau api panas (misalnya kompor, oven, barbecue, pemantik rokok).

  • Tempatkan wig bersihmu pada wig stand dan biarkan wig untuk benar-benar kering. Jangan sikat atau sisir wig sampai benar-benar kering. Setelah kering, gunakan sikat wig atau sisir rambut lembut  untuk mengembalikan bentuknya secara perlahan.Untuk memberikan dukungan styling tambahan dan untuk menambahkan kilau dan body untuk wigmu, semprotkan seluruh permukaan rambut wig dengan finishing spray.
0 comments… add one

Leave a Comment