≡ Menu
werno-werno.com

Tips merawat kesehatan dan kecantikan bulu mata

Banyak wanita yang merasa, mereka seperti belum berpenampilan lengkap kalau belum menggunakan sapuan maskara. Namun, terlalu sering menggunakan maskara juga bisa terasa berat bagi bulu matamu, terutama jika kamu menggunakan maskara yang anti air. Para wanita sering mengeluh, bahwa mata mereka merupakan area pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan, namun kita tidak menyadari bahwa sebagian besar garis halus dan kerutan yang muncul ternnnyata disebabkan oleh tindakan mendorong dan menekan yang kita lakukan terhadap bulu mata kita.

Untuk itu, berhati-hatilah dengan bulu matamu mulai sekarang, dan seluruh bagian matamu akan terlihat muda dan berkilau selama beberapa tahun ke depan. Simak tips-tips berikut untuk menjaga agar bulu matamu tetap sehat dan cantik selama mungkin :

#1 : Minum suplemen biotin atau kolagen setiap hari

Nutrisi kecantikan ajaib ini akan merangsang pertumbuhan bulu mata seperti halnya mereka merangsang pertumbuhan rambut di kepala, ujar Jann Ronert, seorang esthetician berlisensi dan CEO dari IMAGE skincare. Kamu bisa membeli suplemen biotin dan kolagen di toko obat atau apotek terdekat. Biotin akan meningkatkan pondasi keratin untuk membantu menghentikan dan bahkan mungkin mengembalikan rambut rontok. Bagi wanita yang berusia 18 tahun ke atas bisa mengkonsumsi hingga 30 mikrogram sehari dengan seizin dokter.

Suplemen kolagen biasanya hadir dalam bentuk cairan (liquid), namun kamu juga bisa menemukannya dalam bentuk pil atau bubuk di toko makanan kesehatan. Untuk hasil terbaik, tanyakan dulu ke dokter kecantikan seberapa banyak dosis yang aman. Kebanyakan bubuk atau pil kolagen menyarankan dosis 6 gram (setara dengan satu sendok bubuk atau enam pil) per hari.

Jika kamu bukan tipe orang yang suka dengan suplemen, maka makan makanan yang kaya protein dan vitamin (seperti telur, ikan, kedelai, dan yogurt) juga bisa membantu bulu matamu menjadi tebal dan penuh serta merangsang pertumbuhannya.

#2 : Rajin gunakan serum penumbuh bulu mata

Satu-satunya serum penumbuh bulu mata yang bisa dipakai berdasarkan resep adalah Latisse. Bahan aktif dalam Latisse yakni bimatoprost, akan bekerja merangsang pertumbuhan rambut secara langsung dari akar di bawah bulu matamu.

Cara menggunakan Latisse adalah : oleskan serum pada wajah yang sudah bersih dan pastikan kamu sudah melepas lensa kontak jika kamu memakainya. Ambil aplikator steril dari bungkusnya dan letakkan setetes serum dekat dengan ujung aplikator. Lalu gariskan serum yang ada di aplikator di sepanjang kulit di bagian dasar bulu mata atas dari bagian dalam kelopak mata ke bagian yang terluar. Pastikan serum tidak mengenai mata atau bulu mata bagian bawah. Hilangkan kelebihan serum dengan menggunakan kapas dan ulangi langkah ini pada bulu mata yang satunya.

Meski para pakar banyak yang berkata bahwa serum Latisse ini efektif, namun jangan harap kamu bisa melihat hasilnya hanya dalam waktu semalam. Siklus pertumbuhan alami bulu mata berkisar antara 8 minggu, jadi, mungkin akan butuh waktu hingga 4 bulan bagi bulu mata agar bisa sepenuhnya tumbuh dengan tebal dan lentik setelah pemakaian serum.

#3 : Gunakan maskara dengan hati-hati

Ingatlah untuk selalu mengganti produk maskaramu setiap 3 bulan sekali, meskipun masih ada cairan yang tersisa di kemasannya. “Hal ini akan menghentikan maskara dari membuat kering bulu mata dan kemungkinan menularkan bakteri ke dalam atau sekitar mata,” ujar Lori Leab, seorang makeup artist ternama. Dan saat kamu mengoleskan maskara, maka hanya terapkan pada ujung bulu matamu saja, jangan mulai dari akar bulu mata ke ujung, karena hal itu bisa bersifat abrasive dan menyebabkan robek.

#4 : Hapus makeup mata dengan lembut

Kita semua sudah tahu, tidur dengan riasan yang masih menempel adalah suatu malapetaka. Jadi, sangat penting untuk menghapus maskara karena kekakuannya dapat menarik dan mematahkan bulu mata asli saat kamu tidur. Dan ingat, folikel rambut yang menumbuhkan ranbut bulu mata bisa sangat rapuh, jadi menggunakan terlalu banyak tekanan untuk menghapus maskara bisa mengiritasi folikel ini, menyebabkannya berada pada fase ‘laten’ atau tidak bisa tumbuh kembali. Hal ini juga bisa terjadi saat kamu menggunakan sabun dengan pH yang tak seimbang dan cleanser yang berbasis alcohol saat membersihkan wajah.

Jadi, gunakan bola kapas untuk menghilangkan maskara dan jangan terburu-buru. Sebaiknya, letakkan kapas yang sudah dibasahi air atau kain pembersih berkualitas tinggi di atas kelopak mata selama 30 detik untuk melonggarkan maskara dan lalu mengusap kelebihan produk.

#5 : Hindari perawatan ekstensi bulu mata yang berulang

Berulang kali menggunakan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata dengan lem yang keras “bisa mengakibatkan robeknya bulu mata sendiri atau menyebabkan kerusakan pada folikel, yang mengakibatkan mereka tidak bisa tumbuh kembali. Terlebih lagi, eyeliner cair kadang-kadang bisa membuat reaksi kimia, merekatkan lem ke bulu mata asli dan menyebabkan mereka rontok, kata Chancis.

Ini penting untuk mengetahui bahan apa yang ada di lem yang digunakan untuk menerapkannya. “Beberapa lem bulu mata mengandung bahan-bahan seperti lateks atau formaldehyde, jadi pastikan untuk memeriksa label atau meminta teknisi ekstensi bulu mata untuk mendapatkan informasi lebih lanjut,” kata Ronert. Bulu mata palsu yang mengandung bahan lem yang lembut seharusnya aman untuk digunakan sehari-hari.

0 comments… add one

Leave a Comment