Tips Merawat Kuku Agar Cantik

by Ummi on September 13, 2013

Siapa yang tidak ingin memiliki kuku yang sehat dan cantik, semua orang pasti mendambakannya bukan? Tenang saja, kuku yang cantik nan indah bisa kamu dapatkan dengan melakukan perawatan kuku sebagaimana berikut ini;

  1. Yang pertama dan utama, jaga selalu asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan agar selalu makan makanan dengan nutrisi seimbang, dan terutama jangan lupa protein serta mikronutrien untuk menjaga kesehatan kuku. Contoh dari mikronutrien ini adalah vitamin dan mineral, yang banyak terdapat pada buah dan sayur. Protein juga dibutuhkan untuk pembentukan kuku, jadi jangan hindari daging dan susu ya.
  2. Jangan terlalu sering memakai bahan kimia, karena dapat membuat kuku menjadi kering dan mudah patah, misalnya detergen dan sabun. Usahakan untuk memakai sarung tangan waktu kamu mencuci.
  3. Pilih produk kosmetik yang bermutu, karena biasanya produk murahan berasal dari bahan asal-asalan. Bila kamu suka memakai cat kuku, jangan kemudian membeli produk yang murah. Karena seringkali kuku patah berawal dari sini. Lebih baik pilih mutunya yang sudah jelas dan terjamin.
  4. Pakailah pelembab kuku secara teratur untuk melembabkan kuku, menguatkan sekaligus menjaga agar kuku tidak mudah rapuh dan patah. Selain itu, gunting kuku secara teratur untuk menghindari timbunan kuman dan kotoran di sela-sela kuku.
  5. Konsumsi cukup vitamin B, terutama waktu kuku kamu terlihat ada gerigi. Cara terbaik adalah minum suplemen dan makanan yang mengandung vitamin B, misalnya susu dan produk turunannya, daging, ikan, biji-bijian dan sayuran.
  6. Gunting kuku sekaligus merapikannya dalam keadaan lembab, ini akan memudahkan kamu dalam mengunting kuku sekaligus menghindari dari pecah. Lebih baik, gunting kuku sesaat setelah selesai mandi, atau rendam kuku beberapa saat di dalam air hangat.
  7. Jika kuku sering patah: itu pertanda rapuh dan kurang nutrisi. Ada cara mudah untuk mengatasinya. Cukup parut bawang putih sampai halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu sampai beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Kalau kamu malas memarut, bisa langsung menancapkan kuku pada bawang putih tersebut.

Itulah beberapa tips merawat kuku agar sehat dan cantik alami, selamat mencoba dan kami tunggu pertanyaan-pertanyaan terkait perawatan kuku.

Baca juga; Cara merawat kuku agar mengkilat & indah.