Tips Merawat Kulit Berminyak di Rumah

by Ummi on May 20, 2015

Apakah jenis kulitmu berminyak? Jika iya, menjaga kulit berminyak agar tetap terkendali bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Meski begitu, kamu masih mungkin untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, tanpa harus repot pergi ke salon mahal. Kulit berminyak disebabkan oleh kelenjar sebum yang terlalu aktif, sebuah kondisi yang bisa dimotori atau diperparah oleh hormon yang tidak stabil. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, mungkin akan mengalami peningkatan munculnya jerawat saat datangnya periode menstruasi. Perawatan kulit yang tepat sangat penting untuk meminimalisir munculnya jerawat, komedo, dan pori-pori yang membesar. Namun tenang saja, untuk menjaga kulitmu tetap bersih dan cerah, kamu tidak perlu membutuhkan biaya mahal atau waktu yang lama di salon. Berikut adalah cara praktis untuk merawat kulit berminyak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

merawat kulit berminyak

Langkah 1

Cuci mukamu dua kali sehari dengan pembersih wajah ringan yang bebas minyak (oil free). Tuang pembersih ke tanganmu, lalu pijatkan ke wajahmu dengan ujung jari dan bilas dengan memerciki kulitmu dengan air hangat. Jika kamu punya jerawat, carilah pembersih dengan kandungan Asam Salisilat atau Benzoyl Peroxide untuk mengeringkan noda dan luka jerawat.

Langkah 2

Gunakan penyegar (toner) dengan astringent setelah mencuci wajahmu. Astringent yang mengandung obat bisa membantu membersihkan jerawat. Jika ingin toner yang murah dan alami, cobalah dengan perasan jus lemon segar. Terapkan toner tersebut dengan kapas lembut.

Langkah 3

Lalu terapkan gel mattifying atau pelembab pengendali minyak (oil control). Jika kamu akan mengenakan make-up, terapkan gel tersebut sebelum mengoleskan foundation.

Langkah 4

Lakukan eksfoliasi (mengelupas sel kulit mati pada wajah) satu atau dua kali seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati yang kotor yang bisa menyumbat pori-pori. Kalau bisa, belilah pembersih untuk eksfoliasi yang mengandung serbuk kacang tanah, biji buah-buahan, atau microbeads berbasisi polymer.atau kamu bisa membuat scrub eksfoliasi sendiri dengan mencampur baking soda dengan air hingga membentuk pasta.

Langkah 5

Pakailah masker wajah jenis clay setiap seminggu sekali. Biarkan masker tersebut hingga benar-benar kering, lalu bilas dengan air hangat dan lap kering wajahmu dengan handuk yang lembut.