Tips mix and match warna pakaian yang serasi

by Ummi on November 29, 2014

Pasti kamu akan merasa cepat bosan jika gaya berpakaianmu hanya menggunakan satu warna saja mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Namun, jika kamu ingin menggunakan kombinasi beberapa warna dalam pakaianmu, kamu harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Terlalu banyak warna yang dipakai akan terlihat berat dan berlebihan atau istilah kerennya ‘lebay’ bagi mata yang melihat. Terlalu sedikit warna juga akan terlihat kurang menarik dan membosankan.

Tips mix and match warna pakaian yang serasi

Memang, tidak semua orang memiliki bakat untuk memadukan warna yang serasi. Itu memang benar, karena memadukan warna bukanlah suatu bakat, tapi merupakan keahlian. Dan seperti kebanyakan keahlian lainnya, itu bisa dipelajari dan dilatih. Untuk memudahkanmu dalam memadu padankan warna bajumu agar terlihat menarik, berikut adalah beberapa tips mudah mix and match warna baju yang bisa kamu ikuti:

  1. Perhatikan aturan dasar dalam memilih warna

Setidaknya kamu bisa memilih maksimal perpaduan tiga warna yang terdiri dari:

-Warna primer. Ini merupakan warna utama dari tampilan bajumu secara keseluruhan yang akan menggunakan hampir seluruh area dan akan menentukan warna yang paling menonjol dari keseluruhan penampilan. Contohnya, seperti celana warna hitam.

-Warna sekunder. Ini merupakan warna terbanyak ke dua yang akan banyak memakan tempat dalam tampilanmu dan biasanya digunakan untuk menunjang warna primer. Ada baiknya jika warna sekunder berupa warna yang mendekati warna primer ataupun warna yang akan membuat kontras yang bagus, seperti kaos putih.

-Warna highlight (pemanis). Warna ini akan digunakan untuk menekankan beberapa bagian tertentu dari pakaian. Biasanya merupakan warna yang lebih kontras dengan warna primer dan sekunder, namun pemakaiannya tidak berlebihan.

  1. Gunakan roda warna sebagai bantuan

Roda warna akan sangat berguna (terutama bagi orang yang tidak tahu sama sekali bagaimana cara memilih warna) saat kamu ingin mengombinasikan beberapa warna berbeda yang nantinya akan terlihat serasi menurut pandanganmu dan juga pandangan orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara paling umum untuk mengombinasikan warna dengan menggunakan roda warna:

-Warna Analog

Warna analog adalah warna yang ada di sisi lain dari warna apapun yang kamu pilih. Seringkali ini merupakan skema warna yang biasa kita temukan di alam. Pakaian yang memakai warna analog biasanya terasa harmonis. Untuk memilih dua warna yang merupakan warna analog, pilih salah satu warna, lalu loncati warna disampingnya, lalu pilih warna setelahnya. Dua warna yang telah kamu pilih tadi merupakan warna analog. Warna analog seringkali digunakan untuk menentukan warna sekunder.

-Warna yang saling bertolak belakang (complimentary colors)

Warna komplementer merupakan dua warna yang sama sekali bertolak belakang dengan satu sama lain. Skema warna ini sangat kontras dan berlawanan antara satu sama lain. Seringkali merupakan sebuah ide bagus untuk memakai warna komplementer sebagai warna highlight (pemanis).

-Warna komplemnter yang bercabang (split complimentary colors)

Skema ini adalah kombinasi antara dua warna analog dan warna yang bertolak belakang dengan warna yang berada diantara dua warna analog. Menggunakan skema warna ini, akan memberimu sebuah penampilan dengan kontras yang mencolok, namun tidak seekstrem dengan warna komplementer. Ini juga akan menghasilkan perpaduan yang lebih baik daripada menggunakan warna komplementer secara langsung.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2