Tips Perawatan Wajah Sesuai Dengan Kelompok Usia

by Ummi on August 22, 2015

Para pakar kecantikan selalu menyarankan, bahwa salah satu cara agar kulit kita tetap sehat dan tampak muda adalah, dengan rajin melakukan perawatan menyeluruh pada kulit. Namun, tentu perawatan kulit yang dianjurkan tidak akan selalu sama dan berbeda-beda untuk setiap golongan usia. Kulit yang sudah mulai menua, dan muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus, tentu lebih membutuhkan perawatan ekstra dibanding dengan kulit di usia remaja. Agar kamu tidak keliru dan bisa melakukan perawatan kulit sesuai golongan usiamu, simak ulasan tentang perawatan kulit yang sesuai dengan golongan usia berikut ini ;

Tips Perawatan Wajah Sesuai Dengan Kelompok Usia

Perawatan kulit di usia 20-an

Apa yang terjadi?

Usia 20-an merupakan masa paling penting untuk melakukan pencegahan sedari dini. Di usia ini, kulit kaya akan kolagen, begitu kenyal dengan jumlah elastin yang sangat besar, bersinar dengan kemudaannya, serta pergantian sel bisa terjadi secara optimal.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Pertama dan terpenting, jaa kulitmu tetap kelihatan muda dengan memakai sunscreen/ tabir surya secara rutin yang mengandung minimal SPF 30. Namun, untuk kulit berminyak tidak perlu memakai lapisan pelembab diatas tabir surya di saat musim penghujan, namun saat musim pancaroba yang kering, tambahkan sedikit lapisan losion pelembab diatasnya. Untuk kulit kering, akan sangat bermanfaat jika diatas sunscreen dilapisi dengan lapisan pelembab yang banyak dan creamy disetiap musim apapun.

Banyak wanita akan mengalami munculnya jerawat pada usia 20-an. Untuk menghindarinya, pilih produk perawatan kulit yang bebas minyak (oil free) dengan label ‘noncomedogenic’ di kemasannya, yang berarti mengandung formula yang tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, Asam Salisilat dan BHA (beta hydroxy acid), adalah bahan yang sangat efektif untuk mengobati jerawat dan biasanya digunakan sebagai bahan obat anti jerawat mulai dari yang berbentuk pencuci wajah, pelembab, hingga krim jerawat. Bahan ini akan mengelupas sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.  Obat lain yang juga efektif untuk mengobati jerawat adalah krim yang mengandung retinoid (bahan anti-aging yang berasal dari vitamijn A) dan diresepkan khusus oleh dermatologis.

Perawatan kulit di usia 30-an

Apa yang terjadi?

Peremajaan sel kulit dan produksi minyak (sebum) mulai melambat. Bersiaplah untuk melihat munculnya tanda awal penuaan seperti garis ekspresi wajah yang ada disekitar mata, dahi, dan diantara bagian hidung dan mulut, serta bintik-bintik hitam akibat dari kerusakan oksidatif jika kamu terlalu sering terpapar sinar matahari di usia mudamu. Jika kamu melakukan perawatan dengan baik, tanda ini akan baru munculdi akhir usia 30, sehingga kamu tidak perlu panik dan mengubah segalanya di ulang tahunmu ke-30.

Apa yang harus dilakukan?

Bersamaan dengan mempertahankan kebiasaan menggunakan sunscreen, yang sudah kamu rintis di usia 20-an, lakukan langkah pencegahan yang lebih jauh dengan menggunakan pelembab yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, biji anggur, vitamin C, niacinamid, dan ferulic acid. Jika bahan tersebut diolah dengan konsentrasi yang tepat dan dipadukan dengan bahan lain yang tepat, pelembab ini akan bisa melindungi dari radikal bebas, dan bisa memperkecil kerusakan akibat paparan matahari serta mencegah munculnya kerusakan yang baru.

Gunakan pelembab wajah secara teratur, dan lengkapi dengan penggunaan serum antioksidan. Serum akan bekerja dengan lebih baik dibanding dengan krim dan lebih menyerap ke kulit. Lebih baik, pilih serum dengan konsentrasi 10% dari vitamin C aktif. Disamping itu, melakukan eksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati pada wajah satu atau dua minggu sekali, dengan menggunakan scrub yang lembut bisa membantu menyingkirkan tumpukan sel kulit mati karena pergantian sel yang mulai melambat. Untuk mengatasi bintik-bintik hitam, garis halus, dan kerutan, disarankan untuk menggunakan Retinoid, yang meliputi Retinol, dan AHA (alpha hydroxy acid) yang berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel hingga memudarkan warna kulit tidak merata dan melembutkan kulit. Namun, karena retinoid dan AHA menjadikan kulit lebih sensitif, maka imbangi dengan pemakaian sunscreen.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2