Tips Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

by Ummi on April 23, 2014

Dengan jenis kulit yang berbeda, tentu setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan menghadapi masalah yang berbeda pula dalam perawatannya. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengidentifikasi jenis kulit Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Tips Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

1. Tips perawatan wajah untuk kulit berminyak

Ini adalah termasuk jenis kulit yang paling sulit dalam perawatannya. Kulit berminyak memiliki masalah yang tak terhitung jumlahnya, tetapi ketika dirawat dengan tepat, jenis kulit ini dapat memberikan cahaya dan pesona yang membuat orang terpana.

Masalah umum kulit wajah berminyak:

  • Kulit wajah terlihat kasar dengan pori-pori terlihat membesar yang memiliki penampilan kusam karena produksi minyak berlebih di kulit yang memberikan kemilau mengkilap dan berminyak.
  • Sering muncul jerawat dan komedo dengan kepala putih dan bintik-bintik gelap.

Tips mudah untuk mengatasinya:

  • Pertahankan diet yang sehat termasuk mengkonsumsi banyak sayuran mentah dan buah-buahan, serta hindari makanan berminyak dan junk food.
  • Jagalah agar wajah Anda selalu bersih. Hal ini membantu dalam menjaga diri minyak berlebih dan jerawat .

2. Tips perawatan wajah untuk kulit kering

Jika Anda berpikir bahwa kulit berminyak adalah menyakitkan, maka memiliki kulit kering juga bukan berarti akan aman-aman saja. Kulit kering akan sangat tidak nyaman terutama di musim dingin dan perubahan suhu dingin yang ekstrim, karena akan memberikan rasa sakit dan penampilan yang tidak sedap dipandang bila tidak dirawat dengan benar.

Masalah umum:

  • Kulit kering biasanya memiliki tekstur halus dan tampak kusam pada kulit. Jika dilihat lebih dekat mungkin ada beberapa bagian terkelupas atau pasir terutama di sekitar sudut mulut, mata, dan dahi.
  • Jika hal tersebut diatas diabaikan, akan membentuk keriput dan menjadi lebih rapuh seiring bertambahnya usia.

Tips mudah merawat kulit kering

  • Jangan gunakan air yang terlalu panas selama mandi.
  • Jangan pernah meninggalkan kamar mandi tanpa menggunakan pelembab.
  • Lap kulit kering Anda setelah mandi dan selalu pergunakan handuk lembut.

3. Tips kecantikan untuk kulit kombinasi

Jenis kulit ini merupakan gabungan hal yang baik dan yang buruk dari jenis kulit berminyak dan kering! Kulit kombinasi biasanya memiliki campuran dari kedua karakteristik kulit berminyak yang memiliki pori-pori besar, mengkilap, dan berjerawat pada wajah terutama di area T yaitu dahi, hidung, dan daerah dagu dan juga memiliki karakteristik kulit kering yaitu gatal, kulit yang mengelupas, dan kemerahan di pipi.

Masalah umum:

Anda akan menghadapi masalah dari kedua jenis kulit berminyak dan kering tergantung pada kondisi iklim dan juga jenis kulit mana yang lebih dominan.

Tips merawatnya:

  • Jagalah wajah Anda tetap bersih setiap saat untuk mencegah zona berminyak dari pengaruh infeksi apapun.
  • Carilah pelembab yang sempurna dan cocok untuk Anda. Ini tidak pernah bisa sama untuk orang dengan jenis kulit kombinasi karena akan selalu ada variasi dalam tingkat minyak dan kekeringan. Dan begitu Anda menemukannya, jangan pernah berubah !
  • Gunakan pelembab dengan jumlah yang seimbang, tergantung pada reaksi Anda terhadap kondisi iklim. Terlalu banyak pelembab akan menyebabkan masalah dengan zona berminyak dan kurang dari itu pun juga akan menyebabkan masalah dengan zona kering.

.