≡ Menu
werno-werno.com

Tips Sehat Berbuka Puasa

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang Makanan Terbaik Untuk Sahur, kini giliran akan kami ulas tentang Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa. Ramadhan dianggap sebagai bulan paling suci diantara semua bulan selama satu tahun menurut kepercayaan umat Islam. Umat muslim di seluruh penjuru dunia menjalankan ibadah puasa dan merayakan Ramadhan.

tips sehat berbuka puasa

Di bulan puasa, biasanya kita akan melakukan tradisi makan sahur (makan sebelum terbitnya fajar) dan kemudian menahan diri dari makan dan minum selama seharian penuh. Di saat matahari sudah terbenanm, orang-orang akan membatalkan puasanya dengan makanan yang disebut dengan ‘Buka Puasa’ atau Ifthar dalam bahasa Arab. Buka puasa adalah perayaan yang dinanti-nantikan orang-orang setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Biasanya, mereka akan memakan kurma bersama jus, susu, teh, atau air putih. Banyak pula yang berbuka puasa dengan aneka makanan mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Tapi, sebaiknya kita jangan kebablasan dalam berbuka dan sembarangan dalam memilih makanan. Karena, bukannya puasa kita akan barokah, malah justru bisa berakhir dengan sakit perut dan kekenyangan, sehingga tidak baik bagi kesehatan. Memang, makanan saat buka puasa sangatlah istimewa dan beraneka ragam. Kita akan mengkonsumsi makanan mulai dari daging yang berlemak, sup hangat hingga aneka makanan penutup lezat setelah seharian penuh berpantang dari makanan. Namun, hal ini dapat memberatkan kerja sistem pencernaanmu dan menyebabkan perut kembung. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, berikut adalah beberapa tips kesehatan yang harus kamu pegang teguh saat berbuka puasa :

  • Jangan campur antara buah dengan makanan

Batalkan puasamu dengan buah-buahan saja atau konsumsi buah setelah kamu sudah makan makanan utama. Karena buah jika digabungkan dengan mineral, lemak, dan protein yang terdapat dalam makanan lain, bisa menghambat pencernaan.

  • Jangan gabungkan keju dengan kacang-kacangan dan sea food dengan jenis daging yang lain

Tubuhmu di program untuk mencerna satu bentuk protein yang terkonsentrasi dalam satu waktu. Mengkonsumi lebih dari satu jenis protein bisa menciptakan komplikasi dalam sistem pencernaanmu.

  • Hindari menggabungkan makanan sitrus (asam) dengan makanan berbahan dasar susu

Makanan yang bersifat asam bisa mengentalkan susu sehingga bisa membuat perutmu terasa sakit. Protein dan pati-patian yang digabungkan bersama juga bukanlah ide yang bagus. Jika kamu berencana untuk makan makanan berlemak saat berbuka, maka cobalah untuk mengimbanginya dengan sayur-sayuran segar agar perutmu tetap terasa nyaman.

  • Makanlah pelan-pelan

Janganlah terburu-buru untuk menghabiskan semua makananmu. Jika tubuhmu menerima terlalu banyak makanan secara tiba-tiba setelah sebelumnya tidak makan selama seharian, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Mulailah dengan beberapa buah-buahan, yoghurt, banyak cairan pendingin seperti es buah atau es cendol atau smoothies dan kemudian nikmatilah hidangan utama setelah jeda beberapa saat. Ini akan memberikan perutmu waktu untuk memproses dan akan memastikan pencernaan berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

0 comments… add one

Leave a Comment