Tips Seputar Penggunaan Maskara Yang Perlu Kamu Ketahui

by Ummi on November 24, 2013

A. Memilih maskara sesuai warna rambut

Pemilihan warna maskara yang tepat bisa membuat mata lebih cantik dan kulit wajah lebih bersih dan bercahaya. Untuk itu, warna maskara sebaiknya disesuaikan dengan warna rambut. Sebagai panduan, lihat referensi berikut ini:

tips menggunakan maskara

  1. Rambut hitam, pilih maskara cokelat tua (dark brown) atau hitam kebiruan (blue black).
  2. Untuk rambut kemerahan atau pirang, pilihlah maskara cokelat tua (dark brown) atau hitam alami (natural black).
  3. Bagi kamu yang berambut kecokelatan, maskara berwarna hitam alami (natural black) bisa menajadi pilihan.
  4. Khusus untuk rambut yang sudah beruban, pilih maskara hitam keabu-abuan (charcoal) atau hitam alami.

B. Tips perawatan maskara

  1. Ganti maskara minimal setiap 3 bulan sekali. Maskara yang terlalu lama, bisa menimbulkan iritasi dan infeksi pada mata akibat telah terkontaminasi debu, bakteri atau kotoran lain.
  2. Bersihkan maskara dengan menggunakan pembersih khusus mata (eye make-up remover). Gunakanlah kapas bersih dan hapus dengan gerakan lembut ke arah hidung. Hindari menarik-narik bulu mata karena malah menyebabkan bulu mata rontok.
  3. Tambahkan vitamin maskara sebelum memakai maskara untuk menguatkan dan menjaga kondisi bulu mata. Vitamin maskara umumnya berbentuk gel bening.

C. Tips merias sesuai bentuk mata dengan maskara

Untuk tips ini, tentunya tidak hanya sekedar dengan maskara saja, namun juga dibutuhkan penggunaan eyeshadow agar mata terlihat lebih cantik dan menarik.

  1. Mata Menurun

Bubuhkanlah eyeshadow warna muda ke seluruh permukaan kelopak mata. Bubuhkan warna yang lebih gelap hanya dibagian tengah kelopak mata hingga sudut, tak perlu dibaur. Lalu, sapukan maskara.

2.   Mata Cekung

Gunakan eyeshadows dengan warna lebih terang di sepanjang tulang alis dari sudut dalam kea rah luar mata. Lalu, sapukan warna yang lebih gelap di area mata yang tampak menjorok. Baurkan hingga sudut luar mata. Sapukan maskara.

  1. Mata Besar

Gunakan teknik riasan mata kucing. Caranya, bubuhkan eyeshadow warna gelap pada kelopak mata. Biarkan ujungnya mencuat ke atas di bagian sudut luar kelopak mata. Sapukan maskara.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik efek smoky eyes. Caranya, sapukan warna gelap di sekeliling mata. Baurkan agar terlihat halus. Gunakan warna yang lebih terang sebagai highlight di bagian tulang alis. Sapukan maskara.

  1. Jarak mata berjauhan

Gunakan eyeshadow coklat muda di sudut dalam mata (dekat hidung), lalu baurkan. Baurkan juga dengan warna lebih terang sebagai highlight. Pertegas dengan maskara yang melentikkan..