Tips trik jitu agar membuat cat kukumu awet dan tahan lama

by Ummi on January 17, 2015

Memiliki kuku yang dicat dengan berbagai motif dan model cantik atau lucu memang sangat menyenangkan. Akan tetapi, merawatnya agar tetap bagus dan tidak cepat rusak tidaklah mudah. Maka dari itu, ikuti beberapa trik jitu berikut ini agar cat kukumu bisa bertahan lebih lama:

Tips trik agar membuat cat kuku awet dan tahan lama

>gunakan cotton bud untuk mengusap kukumu dengan menggunakan cuka putih sebelum menerapkan lapisa cat dasar (base coat). Dengan melakukan hal ini akan mengangkat sisa-sisa produk atau minyak alami pada kuku yang bisa menciptakan penghalang diantara cat kuku (kutek). Sesaat setelah kukumu kering, maka terapkanlah lapisan dasarnya.

>jangan gosok/ kikir kukumu sebelum kamu mengecatnya. Ahli manikur biasanya akan melakukan hal ini untuk menghaluskan kutikula, tapi hal itu justru bisa menyebabkan kukumu menahan air dan bertambah luas. Saat kuku di cat, maka kuku akan menciut, yang berarti cat kukumu tidak akan bisa pas lagi dengan bentuk kukumu. Jadi, mintalah ahli manikurmu untuk menggunakan minyak khusus kutikula sebagai gantinya.

>hindari mengecat kutek pada kutikula, karena bisa mengangkat kutek dari kuku dan menyebabkannya menjadi rontok/ retak. Jangan potong kutikulanya, namun dorong kutikula ke belakang dengan menggunakan minyak kutikula dan alat pendorong untuk mencegah cat kuku mengenai kutikula.

>gunakan lapisan dasar (base coat) cat kuku yang kental agar kutek bisa bertahan lama.

>terapkan dua lapisan dasar untuk bagian ujung kuku karena lebih rentan untuk retak. Oleskan satu lapisan dasar lagi diatas separoh kuku yang atas agar lebih bisa merekatkan cat kuku.

>daripada kamu mengocok botol cat kuku ke atas dan  ke bawah, lebih baik kamu memutarnya diantara kedua tanganmu untuk memberantas dan mencegah munculnya gelembung udara. Jika kamu mengecatkan gelembung udara tersebut pada kukumu, maka akan mudah retak dengan cepat.

>jangan melewatkan bagian ujung kuku untuk dicat.

>keringkan kuku dengan udara yang dingin. Udara panas akan membuat cat kuku susah kering. Jadi jangan keringkan dengan tiupan nafasmu. Gunakan blow dryer yang disetel dalam posisi ‘cool’ atau kipas angin untuk mengeringkannya. Mencelupkan ujung jari ke dalam air es selama 1-2 menit  juga bisa membuat cepat kering.

>terapkan lagi lapisan atas (top coat) diatas kuku yang sudah di cat setiap 2 atau 3 hari untuk mencegah keretakaan dan mempertahankan kilauannya.

>cuci tanganmu dengan sabun yang lembut sebagai ganti dari menggunakan pembersih tangan (hand sanitizer) karena akan membuat kukumu kering dan merusak lapisan top coat.

>oleskan minyak kuku setiap hari untuk mencegah kukumu dari kekeringan dan retak. Semakin sedikit kelembaban yang diperoleh kuku dan kutikula, maka akan semakin mudah pula untuk retak dan tergores.

>jika cat kuku mulai retak, tambal kembali dan tutp dengan lapisan lain dari top coat.

>sembunyikan gel manikur yang menyembul keluar dengan menutupi dasar kuku dengan glitter yang membentuk efek ombre. Cara terbaik untuk menutupi cat kuku yang sudah mulai retak atau kuku yang semakin bertambah tumbuh adalah dengan glitter yang cantik dan bertahan lama.

>jika ujung kukumu sudah terkelupas, tambahkan French tip yang super tipis sehingga tidak ada lagi retakan dan kuku terlihat memiliki pembaruan yang keren.

>gunakan sarung tangan saat mencuci piring untuk melindungi kukumu. Cara tercepat untuk merusak manikurmu adalah melibatkan kukumu dalam air panas atau cairan pembersih yang berbahan keras..