Tips & trik seputar perawatan pakaian dan sepatu

by Ummi on January 5, 2015

Terkadang, kita mengalami berbagai masalah dalam merawat baju atau sepatu kesayangan kita. Entah itu terkena noda, kancingnya copot, atau masalah bau tak sedap. Jika kamu ingin solusi cepat dan praktis dalam mengatasi berbagai masalah tersebut, maka simak beberapa tips dan triknya berikut ini;

Tips & trik seputar perawatan pakaian dan sepatu

>bungkus celana jeans ke dalam tas plastik lalu masukkan ke dalam freezer di malam hari untuk menghilangkan bau tidak sedap. Freezer akan membunuh sebagian bakteri penyebab bau, dan kamu tidak perlu khawatir dengan warna denim yang akan luntur akibat pencucian yang berlebihan.

>hapus noda ketiak yang membandel pada baju dengan menggunakan lemon atau baking soda. Gosok noda dengan campuran perasan lemon dan air. Untuk noda yang sulit hilang, cobalah untuk menggosokkan pasta yang terbuat dari campuran air dan baking soda pada noda tersebut. Lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilas sebelum mencucinya.

>hilangkan bekas tanda deodorant dengan menggunakan penutup busa dari hanger dry cleaning. Atau kamu juga bisa menggunakan celana jeans untuk menggosok area tersebut sebagai alternatif jitu yang lain. Bisa juga dengan menggunakan cuka yang diteteskan di atas bekas deodorant tadi.

>perbaiki noda dari foundation dengan menggunakan sedikit krim pencukur. Saat kamu melepas baju atau kaos dan secara tidak sengaja mencorengkan make up pada kerahnya, cukup usapkan sedikit krim pencukur di tempat yang terkena noda, sebagai tindakan awal sebelum kamu mencucinya.

>gunakan hairspray untuk menghilangkan noda lipstik. Caranya, semprotkan hairspray pada kain yang terkena noda, lalu biarkan selama beberapa menit. Kucek noda tersebut hingga hilang, lalu cuci seperti biasa.

kencangkan kacamatamu yang mulai kendur bautnya dengan olesan cat kuku (kutek) berwarna bening. Jika bingkai kacamatamu sedikit kendur, dan kamu tidak membawa obeng kecil untuk memperbaikinya, oleskan sedikit cat kuku di atas engsel untuk mengencangkannya sementara waktu.

>oleskan pula cat kuku bening di atas kancing baju yang lepas agar sementara bisa mencegahnya agar tidak copot. Jadi, kamu tidak perlu mempelajari cara menjahit kancing baju dulu.

>gosoklah noda air pada sepatu kulit dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan sedikit cuka. Jika sepatu boot kulitmu terkena air, salju, atau garam, cukup celupkan sikat berbulu halus ke dalam cuka putih dan gosok dengan lembut untuk menghilangkan nodanya.

>perbaiki kekusaman atau goresan pada sepatumu dengan menggunakan pelembab. Jika kamu tidak punya semir sepatu, ambil handuk dan gosoklah sepatumu dengan sedikit losion pelembab ntuk membuatnya kelihatan baru lagi. Atau kamu juga bisa gunakan sedikit pembersih kaca untuk membuat sepatu kulitmu bisa berkilau kembali.

>gunakan cairan pencuci piring untuk mengangkat noda minyak dari pakaian yang berbahan halus. Sabun cuci piring akan menghilangkan minyak atau lemak dan juga cukup lembut digunakan pada pakaian.

Demikian tadi beberapa tips dan trik seputar perawatan baju dan sepatu. Semoga bisa bermanfaat!

.