≡ Menu
werno-werno.com

Titik Akupresur Untuk Obati Sakit Kepala

Tak ada hal yang lebih menjengkelkan dan membuat stress selain sakit kepala yang parah atau nyeri migrain. Hal tersebut bisa membuat kita kesulitan berfikir, bekerja, berkonsentrasi, atau sekedar beristirahat. Entah itu serangan sakit kepala atau migraine, kita semua pasti berharap jika itu bisa segera hilang secepatnya.

Banyak cara yang ditempuh untuk menghilangkan sakit kepala. Mulai dari melakukan cara alami dan mudah atasi sakit kepala, obat sakit kepala yang dijual bebas di pasaran, hingga melakukan terapi tradisional, salah satunya adalah akupresur.

Akupresur merupakan pengobatan China tradisional yang sudah diterapkan selama ribuan tahun. Ada banyak sekali titik-titik akupresur, yang pada saat distimulasi, bisa mengurangi sakit kepala. Percaya atau tidak, akupresur sama manjurnya seperti akupuntur namun tanpa menggunakan jarum! Kamu tidak perlu menggunakan semua titik akupresur berikut ini untuk meringankan sakit kepala. Cukup menggunakan satu atau dua titik saja sudah bisa menyelesaikan masalahmu. Dan yang paling penting, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

He Gu

Joining the Valley (LI 4 atau He Gu)

Titik akupresur ini bisa membantu menyingkirkan sakit kepala, begitu juga meredakan sakit gigi, nyeri leher, nyeri pundak, arthritis, konstipasi, dan mabuk. Titik ini berlokasi di area berdaging antara ibu jari dan jari telunjuk.

Gunakan jempol dan jari telunjuk tangan kananmu, terapkan tekanan yang mendalam dan kencang pada titik L14 dari tangan kirimu selama 5 hingga 10 detik. Ulangi langkah ini pada tanganmu yang satunya. Lakukan seperlunya hingga rasa sakitnya mulai berkurang. Saat menerapkan akupresur, cobalah untuk bersantai dan menarik nafas dalam-dalam.

Catatan : Jangan menekan titik akupresur ini selama masa kehamilan, karena rangsangan tersebut  bisa menyebabkan kontraksi prematur di uterus.

Third Eye Point (GV 24.5 atau Yin Tang)

Untuk meredakan sakit kepala, titik akupresur ini juga efektif. Titik ini bisa menyeimbangkan kelenjar hipofisis dan bahkan dapat digunakan untuk mengobati demam, gangguan pencernaan, sakit maag, insomnia, kelelahan, kelelahan dan ketegangan mata. Titik ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ketidakseimbangan spiritual dan emosional.

Titik mata ketiga terletak di antara kedua alis, dekat lekukan di mana jembatan hidung bertemu dengan dahi. Tutup matamu dan temukan titiknya. Terapkan tekanan kuat namun lembut dengan menggunakan ibu jari pada titik ini selama 1 menit, kemudian lepaskan. Ulangi seperlunya.

Drilling Bamboo (B2 atau Bright Light)

Jika kamu menderita sakit kepala akibat stres atau flu biasa, maka gunakan titik drilling bamboo untuk bantuan instan. Titik ini juga bisa mengurangi vertigo, rabun senja, mata malas dan demam. Stimulasi pada titik ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita masalah sinus dan pandangan mata yang buruk.

Titik drilling bamboo terletak di mana jembatan hidung bertemu dengan rongga mata dan tepat di bawah alis. Bahkan, jarak antara titik third eye dan titik drilling bamboo hanya sekitar 1 sentimeter di kedua sisi.

Gunakan ujung kedua jari telunjukmu, terapkan tekanan untuk kedua titik pada saat yang sama selama setidaknya satu menit, sambil mengambil napas dalam-dalam. Jika kamu ingin, kamu bahkan dapat merangsang setiap titik secara terpisah, tetapi pastikan untuk melakukannya selama 1 menit di setiap sisi.

Bigger Rushing (LV 3 atau Great Surge)

Titik akupresur Bigger Rushing juga efektif. Selain sakit kepala dan migrain, stimulasi pada titik ini juga bisa untuk meredakan kram kaki, mata lelah, alergi, dan nyeri rematik. Bahkan hal ini juga bagus untuk orang yang memiliki konsentrasi yang buruk dan kecemasan. Titik ini terletak di ujung kaki, dekat lembah antara jari jempol kaki dan jari kaki ke dua. Jaraknya sekitar 1 atau 1.5 inchi di belakang jari kaki.

Duduklah dengan nyaman dan letakkan kaki kananmu di atas paha kirimu. Dengan menggunakan ibu jarimu, terapkan tekanan pada titik bigger rushing selama beberapa menit. Ulangi langkah yang sama dengan kaki yang lainnya. Lanjutkan putaran ini hingga 2 atau tiga kali lagi.

Wind Mansion (GV atau Feng Fu)

Titik akupresur Wind Mansion akan membantu mengatasi migraine, begitu juga dengan leher kaku dan stress pikiran. Ini bahkan juga membantu mengatasi sakit telinga, sakit mata, mimisan, dan pening. Titik ini terletak di tengah bagian belakang kepala, pada titik tengah antara kedua telinga dan tepat di atas bagian puncak tulang belakang.

Miringkan kepalamu sedikit ke belakang dan temukan titik ini dengan mencari rongga di bawah dasar tengkorak. Menggunakan ibu jari, tekan dengan lembut pada titik sambil dorong sedikit ke atas selama beberapa menit. Juga, terapkan tekanan di sekitar tepi rongga.

Shoulder Well (GB 21 atau Jian Jing)

Titik tekanan lain yang membantu dalam mengobati sakit kepala serta nyeri migrain adalah Shoulder Well. Dengan merangsang titik ini juga akan mengurangi kekakuan leher, nyeri leher dan nyeri bahu, dan membantu mengobati kegelisahan, lekas marah, kejang otot dan asma.Titik akupresur ini terletak di bahumu, tepatnya di pertengahan antara pangkal leher dan titik terluar dari bahu. Itu adalah sekitar 1 atau 2 inci keluar dari sisi bagian bawah leher.

Cari titik-titik ini di kedua sisi bahumu dan gunakan ibu jari atau jari yang lain untuk menerapkan tekanan ke bawah untuk merangsang titik-titik tersebut. Lakukan selama 4 atau 5 detik, lepaskan selama beberapa detik dan ulangi lagi.

Catatan: Wanita hamil harus menekan dengan ringan di titik ini karena dapat menyebabkan nyeri persalinan.

0 comments… add one

Leave a Comment