Trik Makeup Untuk Menutupi Lingkaran Gelap Di Bawah Mata

by Ummi on April 4, 2017

Apa kamu pernah mengalami, kamu tidak melakukan pesta semalaman, dan kamu juga tidak begadang untuk menyelesaikan tugas, namun wajahmu tampak kucel karena kamu memiliki lingkaran gelap di bawah mata? Lingkaran hitam di bawah maata sebenarnya adalah area yang terkena hiperpigmentasi sehingga membuat daerah di bawah mata menjadi lebih gelap dibanding kulit lain di sekitarnya. Bayangan gelap mungkin muncul dalam cekungan di bawah mata karena struktur tulang atau seiring bertambahnya usia dan kulitmu akan lebih tipis. Faktor genetik juga mungkin memainkan peran – kadang-kadang bayangan gelap dan pigmentasi diwariskan secara turun-temurun dan dapat lebih sering terjadi pada ras tertentu.

Kebenaran yang pahit adalah bahwa lingkaran gelap dapat mengungkapkan lebih lanjut tentang gaya hidupmu daripada yang kamu inginkan. Misalnya, minum alkohol dan merokok dapat menyebabkan munculnya lingkaran gelap di bawah mata; bahkan berlebihan dalam menikmati minuman soda dan berkafein juga dapat menyebabkan mata yang seperti rakun ini. Berjemur juga perlu ekstra hati-hati karena melanin – zat yang bertanggung jawab untuk pigmentasi kulit – dapat menggelapkan daerah halus di bawah mata.

Meskipun mereka biasanya tidak dianggap sebagai kondisi medis yang serius, lingkaran hitam ini bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih parah daripada kurang tidur. Sebagai contoh, beberapa ahli alergi percaya bahwa mereka benar-benar merupakan gejala asma; orang tua dapat menggunakan kemunculan mereka sebagai tanda bahwa anak mereka akan memiliki serangan asma. Gangguan tidur juga bisa menyebabkan lingkaran hitam. Mereka juga dapat menunjukkan adanya defisiensi vitamin K.

Meskipun ada banyak cara alami untuk mengatasi lingkaran gelap di bawah mata, namun hal tersebut tentu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Jika kamu ingin menggunakan cara cepat untuk menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata, maka kamu bisa menerapkan trik makeup untuk menutupi lingkaran gelap di bawah mata berikut ini :

Trik aplikasi makeup untuk lingkaran gelap di bawah mata

Langkah pertama : cuci bersih wajahmu

Pertama-tama, cuci mukamu dengan pembersih wajah yang lembut, yang sesuai jenis kulitmu dan kemudian bilas wajahmu menggunakan air dingin. Melakukan hal ini tidak hanya akan membersihkan kotoran dari wajah, tetapi juga mengurangi beberapa bengkak di bawah matamu.

Langkah kedua : terapkan foundation

Menerapkan foundation dapat mencerahkan lingkaran gelap dan juga bekerja sebagai dasar yang sempurna untuk concealer, yang akan diterapkan berikutnya. Dengan menerapkan foundation lebih dulu, akan meminimalkan kemungkinan concealer menjadi terhapus. Bahkan, kamu mungkin hanya perlu menerapkan lebih sedikit concealer setelah menerapkan foundation.

Langkah keempat : pilih concealer yang tepat

Untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata dengan sempurna, sangat penting untuk menggunakan warna yang sempurna dari concealer. Yang terbaik untuk menggunakan concealer yang memiliki warna sedikit lebih gelap dari warna kulitmu sehingga benar-benar menyembunyikan lingkaran hitam.

Cobalah menggunakan concealer yang memantulkan cahaya – tetapi pastikan untuk tidak memilih warna concealer yang berwarna putih atau abu-abu karena mereka tidak akan bekerja dengan baik. Carilah concealer dengan warna dasar kuning atau emas yang akan menetralkan warna kebiruan dari lingkaran gelap. Jika concealer yang kamu gunakan terlalu terang, maka kamu akan berakhir dengan lingkaran terang, bukannya lingkaran gelap.

Jika kulitmu sedikit lebih cerah, maka menggunakan concealer berwarna peach terang hingga menengah akan paling cocok sedangkan, menggunakan warna peach gelap atau concealer berwarna oranye akan menjadi sempurna untuk orang-orang yang memiliki warna kulit medium hingga gelap.

Beberapa makeup artist juga menyarankan untuk menggunakan krim pelembab khusus bagian mata (eye cream) yang mengandung gliserin, sodium hyaluronate dan vitamin E, yang akan menghidrasi kulit. Mereka juga menyarankan untuk menggunakan eye cream yang mengandung vitamin K karena dapat mengencangkan pembuluh darah dan kapiler. Kamu bahkan bisa mencampur concealer dengan pelembab sehingga bisa tampak lebih mulus.

Cobalah pula untuk menarik perhatian ke area alis bukannya area bawah mata dengan cara mengeriting bulu matamu. Jangan terapkan eyeliner atau mascara ke bulu mata bagian bawah karena hal itu akan menarik terlalu banyak perhatian ke area tadi. Untuk mendapatkan tampilan mata yang lebar, garis sudut bagian dalam mata menggunakan eyeliner warna putih.

Langkah kelima : akhiri dengan bedak translucent

Untuk membiarkan concealermu tetap bertahan sepanjang hari, sangat penting untuk mengaplikasikan bedak di bawah mata. Terapkan bedak translucent dengan memenuhi puff mu dengan bedak dan kemudian dengan lembut tekan-tekankan di bawah mata. Melakukan hal itu juga akan sedikit menambah coverage yang lebih luas. Jika kamu memiliki kulit kering maka kamu dapat melewati menerapkan bedak dan sebagai gantinya hanya menerapkan eye shadow.