Trik makeup untuk menyamarkan ketidaksempurnaan di wajah

by Ummi on January 3, 2017

Kunci untuk menutupi kekurangan di wajah adalah? Sebuah kanvas yang bagus. Tidak peduli dengan apa masalah yang sedang melanda kulitmu, beberapa langkah pertama selalu sama. Pertama, bersihkan kulit dengan pembersih bebas sabun. Kedua, gunakan serum yang ditargetkan untuk jenis kulitmu dan kekhawatiran tertentu. Selanjutnya, oleskan primer yang berkhasiat menghidrasi. Ini akan membuat kanvas yang halus, merata untuk makeup, sehingga menjamin makeupmu terlihat lebih baik dan tetap bertahan lebih lama.

Apakah kamu termasuk tipe orang yang sangat peduli dengan kekurangan yang ada di wajahmu, entah itu jerawat, bekas luka, noda hitam, atau rosacea? Jika iya, kamu tentu tidak mau melewatkan trik untuk menyamarkan kekurangan di wajah yang telah kami himpun dari keterangan para makeup artist berikut ini :

Pilihlah color corrector yang tepat

Saat berbicara masalah menutupi tanda yang tidak sedap dipandang dan warna yang tidak merata, maka itu semua berkaitan tentang “mengoreksi warna.” Walaupun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi (dan sedikit seperti sebuah proyek seni) untuk menerapkan concealer hijau atau ungu pada kulit, namun itu benar-benar bisa bekerja! Ini semua tentang memilih warna concealer yang tepat untuk mengatasi masalahmu. Kamu tentu ingin memilih korektor warna yang rona warnanya berkebalikan dari apa yang kamu coba untuk tutupi. Untuk membatalkan warna kemerahan-bekas luka, noda, kapiler yang rusak, maka gunakan korektor warna berbasis warna hijau. Produk color corrector berbasis kuning akan menetralisir warna ungu dan biru, seperti spider veins, lingkaran hitam di bawah mata, dan memar.

Untuk menutupi jerawat

Saat berbicara masalah menutupi jerawat, maka mulailah untuk menggunakan concealer berwarna hijau yang akan menutupi warna kemerahan jerawat. Lalu, gunakan BeautyBlender untuk menerapkan makeup berbentuk cair yang bebas minyak serta menenangkan.

Untuk menutupi lingkaran hitam

Mulailah dengan menggunakan corrective eye cream, seperti produk Shiseido Bio-Performance Super Corrective Eye Cream. Tips dari pro : jika matamu terasa bengkak (puffy), maka cobalah untuk menempatkan krim mata di lemari es sebentar untuk tambahan sensasi dingin. Oleskan concealer pengoreksi warna bawah mata di atas area gelap (pinky-peach untuk kulit yang putih dan rona kekuningan untuk yang berkulit kuning langsat). Ini akan membatalkan lingkaran bawah mata yang berwarna ungu-biru. Gunakan jari manismu untuk secara lembut menekan concealer. “Jangan berlebihan. Karena itu akan menonjolkan garisnya dan menyebabkan kerutan,” kata Angel Barboza, makeup artist di Golden Door.

Kemudian terapkan foundation dan bedak. “Salah satu trik sulap yang dapat kamu lakukan di akhir adalah menambahkan highlighter berwarna cerah, seperti Benefit Eye Bright Pencil, ke sudut bagian dalam dan luar matamu.” Kamu akan segera terlihat melek dan matamu semakin tampak cerah!

Untuk menutupi pembuluh kapiler yang pecah

Cara termudah dan tercepat untuk mengurangi munculnya kapiler yang pecah? Pertama-tama, aplikasikan foundation yang berwarna sama dengan warna kulitmu. Berikutnya, tutl-tutulkan korektor warna hijau di daerah yang terkena masalah. Warna hijau pastel (untuk warna kulit yang lebih cerah) atau hijau zaitun (untuk warna kulit yang lebih gelap). Atur korektor warna dengan menekankan sejumlah kecil bedak tanpa warna diatasnya, seperti Make Up For Ever HD microfinish Powder. “Pastikan untuk menggunakan jumlah yang sangat kecil, karena kamu akan menerapkan produk berbasis cair atau krim yang lain di atasnya,” kata Patrick Eichler, direktur eksekutif pendidikan & kesenian di Make Up For Ever. Selanjutnya, oleskan concealer dengan warna yang cocok dengan warna kulitmu, menggunakan gerakan stippling (menutul-nutul) lagi, agar tidak memindahkan lapisan produk yang pertama. Akhiri dengan menetapkannya menggunakan tekanan ringan dari bedak tanpa warna.

Untuk menutupi memar di wajah

“Tip favorit saya untuk menyembuhkan memar wajah adalah dengan menggunakan SkinMedica HA5 Rejuvenating Hydrator, yang menghidrasi kulit dengan kandungan bahan asam hyaluronic, peptida, dan vitamin E,” kata Graceanne Svendsen, aesthetician senior bersertifikat & spesialis kosmetik laser di Shafer Plastic Surgery di New York City. Gunakan juga gel atau krim arnica dua sampai tiga kali sehari untuk membantu memar lebih cepat sembuh. “produk GloMinerals Corrective Camouflage Kit memiliki empat warna yang berbeda untuk menutupi memar di semua tahap penyembuhan,” tambah Svendsen. Gunakan kuas khusus yang sudah termasuk di dalamnya untuk menerapkan lapisan tipis dari concealer berwarna lavender. (Seiring proses  penyembuhan memar, majulah ke concealer warna hijau, kemudian kuning, dan terakhir krim). Akhiri dengan menyapukan loose powder, menggunakan kuas foundation.

Untuk menutupi Bekas luka

Saat berbicara masalah menutupi bekas luka, triknya adalah untuk mengoleskan (tidak menggosokkan) concealernya. Mulailah dengan menggunakan produk NYX Concealer Stick in Green. Berikutnya aplikasikan foundation atau krim BB favoritmu. Gunakan kuas khusus concealer untuk menerapkan beberapa lapisan tipis dari concealer yang bisa dibentuk, dengan formula cream full coverage, dalam rangka membentuk untuk tingkat yang diinginkan dari cakupannya.

Untuk menutupi Rosacea

“Rosacea dapat menjadi gangguan kulit yang sangat menantang, karena itu membutuhkan make-up untuk kamuflase. Ironisnya, sebagian besar makeup diformulasikan dengan bahan-bahan yang membuat rosacea semakin bertambah buruk,” kata Svendsen. Dia merekomendasikan untuk memulai dengan SkinMedica Redness Relief CalmPlex, yang diformulasikan dengan vitamin B3 (niacinamide) dan minyak jojoba untuk menenangkan kemerahan dan melembabkan kulit.

Selanjutnya, cukup gunakan spons makeup sekali pakai untuk menerapkan lapisan tipis foundation di seluruh wajah- Svendsen merekomendasikan Oxygenetix Oxygenating Foundation (yang hadir dalam 14 warna). “Pada latihan kita, kita menggunakan Oxygenetix, yang memiliki bahan-bahan pro-penyembuhan seperti ekstrak ragi Ceravitae untuk menenangkan kemerahan dan lidah buaya untuk menenangkan peradangan,” ujarnya. Selanjutnya, gunakan metode stippling lembut untuk menepukkan concealer pada lapisan kedua dan menutupi bidang-bidang yang membandel.

Untuk menutupi noda kecoklatan

Mulailah dengan menerapkan krim pencerah dengan SPF untuk mengurangi tampilan noda kecoklatan dan luka bakar akibat matahari, dan melindungi dari noda baru dari paparan sinar UV yang berbahaya. Color corrector berwarna peach dapat membantu menyeimbangkan noda coklat. Terapkan korektor warna secara langsung di atas noda coklat. Kemudian, pilihlah BB cream yang sesuai dengan warna kulitmu. “ Saat kamu sudah menerapkan BB cream ke seluruh wajah, terapkan concealer dengan pigmentasi yang berat ke bagian noda yang ingin kamu sembunyikan, seperti produk Laura Mercier Secret Camoulfage, “ ujar Barboza. Lalu, terapkan lagi concealer yang dua tingkat lebih terang daripada warna kulit aslimu, lalu concelaer yang berwarna sama dengan warna kulitmu. Akhiri dengan menyapukan bedak translucent.

Untuk menutupi melasma

Melasma menyebabkan bercak coklat pada wajah, biasanya terdapat di pipi, hidung, dahi, bibir atas, dan dagu. Untuk menutupi daerah yang terkena, Eichler merekomendasikan untuk menggunakan korektor warna peach hingga oranye (tergantung pada warna kulitmu), karena ini akan membantu menetralkan bintik-bintik coklat. “Saya suka pensil bibir karena mudah untuk dikontrol dan awet,” kata Eichler. Untuk kulit terang, cobalah korektor merah muda, seperti Bobbi Brown Retouching Face Pencil in Light 9; untuk kulit menengah gunakan korektor peach, seperti Urban Decay Naked Skin Color Correcting Fluid in Peach; untuk kulit gelap, pilih untuk korektor oranye, seperti Smashbox Color Correcting Stick in Look Less Tired (Dark). Oleskan foundation dengan cakupan penuh, concealer dan akhiri dengan bedak tanpa warna.

NB : Semua produk makeup yang sudah disebutkan di atas, adalah contoh produk high end yang bisa kamu beli secara online. untuk produk makeup drugstore, kamu bisa mencoba beberapa jenis concealer seperti produk keluaran Maybelline, Lo’real, Revlon, atau La Tulipe.