Trik Mudah Mempertajam Memori Ingatan

by Ummi on February 7, 2015

Terkadang,  kita lupa akan suatu hal yang kecil, dan berusaha keras untuk mengingatnya kembali. Apa kamu pernah menyadari, saat kamu berusaha untuk mengingat hal-hal kecil, kamu akan menutup kedua matamu ? jika iya, berarti kamu sudah melakukan hal yang benar.

cara mudah untuk mengingat sesuatu

Sebuah studi terbaru yang di publikasikan dalam Legal and Criminal Psychology, mengatakan bahwa cukup dengan menutup mata bisa benar-benar membantumu dalam masalah mengingat sesuatu. Di dalam 2 studi yang dilakukan secara bersamaan, 178 peserta telah di minta untuk menonton sebuah film tentang seorang tukang listrik yang melakukan pekerjaan yang berbeda-beda dan mencuri beberapa barang. Setelah film selesai di tonton, para peserta di tugaskan ke dalam empat kelompok yang berbeda. Yakni, kelompok dengan mata terbuka, kelompok dengan mata tertutup, kelompok yang telah menjalin hubngan baik dengan pewawancara, dan terakhir kelompok yang tidak menjalin hubungan baik.

Para peserta lalu di minta untuk menjawab serangkaian pertanyaan seputar film tersebut, seperti contoh “Apa yang tertulis di depan mobil van?” Para peneliti menemukan bahwa para peserta yang menutup mata mereka, mampu menjawab 23% lebih dari semua pertanyaan dengan benar. Berteman baik dengan pewawancara sebenarnya juga membantu, namun peserta yang menutup mata mereka membuat perbedaan yang paling besar.

Di bagian ke dua dari studi, para peserta di minta menonton klip yang berbeda tentang sebuah perampokan, dan di minta untuk mengingat detail dari audio dan visual. Lagi-lagi, peserta yang menutup mata mereka mampu mengingat lebih banyak bagian dari klip, termasuk rincian audionya.

Menurut para peneliti, menutup matamu bisa mengurangi intervensi dan gangguan dari lingkungan sekitarmu. Penutupan mata juga bisa membebaskan sumber daya kognitif dari para saksi untuk berkonsentrasi dalam mengingat kembali peristiwa di masa lalu. Yang artinya ; menutup mata bisa mengurangi gangguan, sehingga memudahkanmu untuk mengingat hal-hal kecil.

Jadi, jika suatu saat kamu sedang berusaha keras untuk mengingat di mana kamu meletakkan kunci mobil atau almari pakaianmu, maka tinggal pejamkan saja matamu! mudah bukan?.