≡ Menu
werno-werno.com

Trik Sederhana Seputar Perawatan Kaki

Kaki adalah bagian tubuh yang menarik. Bagian tubuh yang indah yang terdiri dari tulang, jaringan lunak, otot dan sendi ini sangat penting untuk hidupmu dan pengalaman sehari-harimu. Jika dipikir-pikir, kita telah berutang begitu banyak kepada kaki kita. Mereka membantu kita berdiri, berjalan, berlari, mendaki, dan masih banyak lagi. Untuk merawat kakimu, berikut adalah 10 trik tentang kaki yang bisa kamu pelajari :

Keluarkan  kaki dari bawah selimut untuk mempercepat tidur

Kedengarannya aneh, bukan? Tapi sebenarnya, itu tidak aneh sama sekali. Tahukah kamu? suhu tubuh akan turun pada malam hari dan memberikan kontribusi untuk mendorong tidur. Saat kamu terlelap dalam, suhu bahkan bisa turun lebih rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa suhu tubuh yang lebih tinggi bisa menghambat tidur. Suhu tubuh yang lebih tinggi berhubungan dengan kewaspadaan dan peningkatan baik dari segi mental serta kinerja fisik, menurut sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam The American Journal of Physiology.

Bahkan, ilmu pengetahuan di balik orang tetap bisa terjaga setelah minum kopi adalah, bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan suhu tubuh dan menghambat tidur, menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Biological Rhythms. Sehingga, apa pun yang bisa membantumu tetap dingin sebelum atau selama tidur akan membantu mu untuk tidur dengan lebih baik.

Di sinilah kaki dapat memainkan peran utama. Kakimu bisa membantu mendorong pengurangan panas dalam dua cara utama:
• Telapak kaki tidak memiliki bulu rambut. Rambut bisa mempromosikan penumpukan panas.
• Kaki memiliki banyak pembuluh darah khusus yang disebut anastomosis arteri yang mengangkut darah ke pembuluh darah yang terletak tepat di bawah permukaan kulit. Jadi, ketika kamu mengekspos kaki ke udara dingin di luar selimut, maka darah di bawah permukaan kulit akan mendingin. Darah yang dingin ini kemudian dipasok ke seluruh tubuh melalui anastomosis arteriovenosa, sehingga akan mendinginkan seluruh tubuh dan membantumu tidur dengan lebih cepat. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan tidur malam ini, cukup keluarkan kakimu dari selimut dan kamu bisa segera tertidur!

Blow dry kakimu untuk melonggarkan sepatu yang sesak

Jika kamu baru saja membeli sepasang sepatu yang sempurna baik itu jenis sepatu flat, pumps, atau stiletto dan tidak sabar ingin mencobanya, tentu kamu pernah mengalami kamu akan sediit kedulitan untuk mengepaskan kakimu karena sepatu barumu tampak agak kesempitan. Mereka akan terasa terlalu sesak di bagian depan dan membuat kaki terasa sakit.

Kebanyakan orang akan memutuskan untuk menahan rasa sakit itu dan tetap memakainya secara terus menerus selama satu minggu untuk bisa sedikit melonggarkan sepatunya dengan cara agak memaksa memakainya untuk lebih melebarkannya sedikit.

Tapi sekarang, ada trik sederhana yang bagus yang bisa membantumu melonggarkan sepatu dengan lebih cepat, dan tentu dengan lebih sedikit rasa sakit :

  • Pakailah sepasang kaos kaki yang tebal, lalu pakaikan pada sepatumu yang masih sesak.
  • Atur hairdryer pada panas medium, dan panaskan bagian depan kakimu sembari menggoyang goyangkan jari kakimu selama 5 hingga 10 menit. Kamu juga bisa memanaskan bagian belakang sepatu di bagian heel untuk peregangan tambahan.
  • Matikan hairdryer, dan biarkan kakimu dingin selama satu menit.
  • Lepaskan sepatumu, copot kaos kakinya, dan sepatumu kini sudah terasa longgar dan siap dipakai lagi tanpa harus merasakan kesakitan.

Gunakan Petroleum Jelly atau Deodorant untuk mencegah lecet akibat high heel

Seringkali, aksi abrasif dari bagian tunggal dalam sepatu, terutama tumit, yang bergesekan dengan kakimu dapat membuat kaki menjadi lecet. Petroleum jelly dan deodorant bisa bertindak sebagai agen menenangkan yang meminimalkan gesekan di bagian tunggal dalam sepatu dan mencegah dari lecet.

Namun, sebaiknya gunakan petroleum jelly hanya pada daerah tumit saja, dan gunakan deodoran pada sisa bagian dalam sepatu yang lain. Terlalu banyak petroleum jelly bisa mengurangi cengkeraman kaki di sepatumu.
Juga, gosok telapak kakimu dengan lembut menggunakan kikir kuku untuk mengelupas setiap tepi keras yang mungkin lebih mengiritasi dan memperburuk kulit ketika terkena kontak dengan sol bagian dalam sepatu.

Gunakan bola tennis untuk pijatan kaki instan

Jika kamu tidak punya banyak waktu atau dana untuk melakukan spa atau pemijatan kaki yang membuat rileks, maka kamu bisa mencoba untuk gunakan trik sederhana ini. Cukup gosok-gosokkan bola tennis di bagian telapak kakimu, dan terapkan sedikit tekanan. Kakimu akan secara mengejutkan bisa terasa rileks dan nyaman.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment