Tutorial Coreldraw – Cara Membuat Tulisan atau Teks 3D

by Ummi on April 1, 2013

Tutorial Coreldraw

Tutorial Coreldraw kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tulisan 3D di coreldraw. Namun, sebelum kita membahas secara detail tentang langkah-langkah membuat tulisan 3D sebaiknya kita ketahui dulu definisi atau pengertian dari 3D itu sendiri. 3 dimensi atau yang biasa disingkat dengan istilah 3D adalah suatu bentuk, baik tulisan, benda pakai atau apapun yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi.

Dengan adanya efek 3D, bentuk suatu benda menjadi lebih nyata dan tentunya jadi lebih menarik. Untuk membuatnya dengan coreldraw, diperlukan beberapa trik agar efek 3D bisa lebih sempurna. Maka, simaklah langkah-langkah membuat tulisan 3D di coreldraw di bawah ini dengan seksama;

  1. Buka coreldraw, bisa memakai versi 11, 12, X3, X4, X5 atau yang terbaru X6, sesuai selera Anda. Saya sendiri menggunakan coreldraw 11, disamping lebih ringan, coreldraw 11 lebih mudah digunakan.
  2. Pilih Text Tool atau tekan F8 untuk membuat sebuah tulisan, dalam hal ini saya menggunakan tulisan ‘dEa’, sebuah kumpulan orang-orang kreatif dalam bidang dekorasi panggung menggunakan styrofoam yang ada di daerah saya.
  3. Kemudian tentukan jenis font yang akan digunakan, sebaiknya menggunakan jenis font yang ukurannya tebal. Saya sendiri menggunakan font Bauhaus 93.
  4. Pilih Interactive Extrude Tool (tepat ada di bawah Text Tool) untuk membuat efek 3D dengan cara drag tulisan ke kanan, atau ke kiri, ke atas, ke bawah sesuai selera anda dalam menentukan efek 3D. Dengan demikian, secara global object akan berubah menjadi dua, 1 object tulisan yang dibuat pertama kali, 2 object efek dari Interactive Extrude Tool.
  5. Pilih Pick Tool, kemudian klik kanan object yang kedua, lalu pilih Break Extrude Group Apart untuk memisahkan kedua object. Object yang kedua pun memiliki beberapa kumpulan object yang di group, klik kanan dan pilih Ungroup untuk memisahkannya.
  6. Setelah di Ungroup, masing-masing object diberi warna yang berbeda supaya efek 3D lebih kentara. Untuk mempermudah prosesnya, object yang pertama yakni tulisan ‘dEa’ diberi warna yang berbeda dulu.
  7. Dengan demikian tulisan 3D telah selesai dibuat, namun Anda bisa menambahkan warna warni pada objek yang pertama (tulisan ‘dEa’) supaya lebih menarik dengan cara tekan Ctrl + K kemudian pilih warna yang berbeda dan kelihatan menarik pada setiap huruf yang terdapat pada tulisan ‘dEa’.

Untuk mempermudah cara membuat tulisan 3D di coreldraw ini, berikut saya sertakan tutorial videonya dibawah ini;

Leave a Comment

Previous post:

Next post: