Tutorial Editing Video – Cara Memotong Video

by Ummi on May 19, 2013

Cara mudah memotong video

Tutorial editing video kali ini akan membahas tentang cara memotong video sesuai keinginan. Artinya hanya mengambil video yang diinginkan dan membuang video yang tidak dibutuhkan.

Dalam pembuatannya, saya akan menggunkan software videopad video editor versi 2.5 yang merupakan software untuk edit video paling mudah dan sederhana. Bagi sobat indoblog yang belum mempunyai aplikasi buatan NHC Software ini, silakan baca ulasan dan download di sini.

Untuk mempermudah tutorial cara memotong video, saya akan mengambil video Fatin Shidqia Lubis dalam ajang X Factor Indoneisa yang berjudul “aku memilih setia”. Dalam video ini saya hanya akan mengambil bagian tengah atau pada waktu Fatin menyanyi saja. Video selain itu akan saya buang. Berikut langkah-langkah cara memotong video dengan videopad video editor;

  1. Buka videpad video editor
  2. Dalam Media List, aktifkan file video, lalu tekan Ctrl+E atau klik anak panah berwarna hijau.
  3. Untuk mempermudah, saya asumsikan video ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni bagian permulaan, bagian tengah dan bagian akhir.
  4. Klik menu Preview, lalu perhatikan mana yang akan dipotong atau dibuang. Artinya pada menit keberapa dan sampai mana video yang akan dipotong. Dalam hal ini saya akan memotong video bagain yang pertama kurang lebih 4 detik dengan cara klik In Point dan masukkan angka 4, lalu klik Ok. Kemudian akan memotong bagian akhir selama kurang lebih 11 detik dengan cara klik Out Point kemudian masukkan angka 15, karena sisa detik yang akhir adalah 26 detik. Dengan demikian video bagian akhir yang terpotong adalah selama 11 detik.
  5. Jika sudah selesai, klik Save Movie. Maka akan tampil kotak dialog yang menyediakan beberapa opsi, yakni preset  : jenis video, file format : format video, resolutions : kualitas video.
  6. Atur sesuai kebutuhan lalu klik Ok dan tunggu sampai proses pembuatan video selesai.
  7. Karena ini adalah video musik, saya akan menambahkan lirik lagu dalam video tersebut. Mengenai caranya, silakan baca ulasannya pada artikel “Menambahkan teks lirik lagu dalam video

Untuk mempermudah tentang cara memotong video, berikut saya sertakan tutorial videonya dibawah ini;

Sedangkan video hasilnya, bisa anda tonton dan nikmati di bawah ini;

Leave a Comment

Previous post:

Next post: