≡ Menu
werno-werno.com

Ukuran Normal Kadar Kolesterol

Setelah kita mengetahui macam-macam kolesterol, tentunya kita juga harus tahu apakah kadar kolesterol dalam diri kita normal atau tidak (kolesterol tinggi). Perlu diketahui kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber dari penyakit lain, seperti gangguan jantung dan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Pola makan yang tidak sehat dan seimbang adalah faktor utama penyebab penyakit kolesterol, biasanya ini erat kaitannya dengan obesitas. Namun, bukan berarti kolesterol itu mempunyai efek buruk bagi kita lho, kita tetap membutuhkan kolesterol asalkan sesuai dengan kadar normal dari kolesterol tersebut. Lha, ukuran normal kadar kolesterol itu berapa?

Untuk mengetahui kadar normal dari kolesterol dalam darah, simak uraian mengenai kadar kolesterol sebagai berikut:

Kurang dari 200 mg/dl
Ini merupakan ukiran kadar kolesterol normal. Artinya kolesterol total yakni jumlah dari kadar LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl, dengan demikian penyakit jantung tidak akan mengintip kita. Tapi bukan berarti kamu terus makan-makanan yang berlemak lho, (wah masih normal, bebas makan apa saja) tetap atur pola makan dan rajin berolahraga

Berada di kisaran 200-239 mg/dl
Termasuk tingkat kolesterol yang cukup. Kalau memang kadar kolesterol kamu berada di kisaran 200-239 mg/dl, sebaiknya cek ke laboratorium untuk mengetahui detail dari kadar LDL, HDL, dan trigliserida.

Lebih dari 240 mg/dl
Tingkat kolesterol yang beresiko tinggi. Kenapa demikian, karena seseorang dengan ukuran kadar kolesterol tersebut besar kemungkinan terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterol HDL
Kadar HDL normal untuk pria berkisar antara 40-50 mg/dl, dan antara 20-60 mg/dl untuk wanita. Jika kadar HDL semakin tinggi, maka semakin kecil pula resiko terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterol LDL
Sebaliknya, semakin sedikit kadar LDL dalam darah, maka semakin kecil resiko terkena penyakit jantung. Pada umumnya, kadar LDL terbagi dalam kategori sebagai berikut;

< 100 mg/dl = sangat bagus
Antara 100-129 mg/dl = normal
Antara 130-159 mg/dl = cukup
Antara 160-189 mg/dl = tinggi
> 190 mg/dl = sangat tinggi

Kadar normal trigliserida
Apa itu trigliserida? Trigliserida adalah semacam lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ tubuh. Lemak ini akan sangat memengaruhi kadar kolesterol, artinya jika trigliserida naik maka kadar kolesterol juga akan naik.
Kadar trigliserida terbagi menjadi beberapa kategori, yakni :

< 150 mg/dl = bagus
150-199 mg/dl = normal
200-499 mg/dl = tinggi
500 mg/dl = sangat tinggi

Dengan adanya uraian di atas, tentunya kita jadi tahu standar ukuran normal kolesterol. Untuk itu segera cek kolesterol kamu di rumah dengan alat sederhana atau lebih baik ke laboratorium agar hasil dari ukuran kolesterol bisa diketahui lebih detail..

42 comments… add one
  • maaf mas apakah untuk pemeriksaan dilaboratorium untuk pemeriksaan kolesterol ada persyaratan kuhusus? trims

    • Ummi

      untuk periksa kadar kolesterol di laboratorium, disyaratkan harus puasa selama 12 jam sebelumnya. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan pengukuran akibat adanya pengaruh dari lemak yang baru dikonsumsi.Selama 24 jam sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya jangan melakukan aktivitas berat karena kelelahan yang amat sangat dapat berpengaruh pada hasil pemeriksaan.

  • novi

    kalau saya puasa, tapi setelah pemeriksaan kolesterol hasilnya 182 mg/dl itu sudah normal apa blm ya?

    • Ummi

      jumlah total koleseterol yang berada dibawah angka 200 mg/dl, itu masih tergolong normal. jika berada pada angka 200-239 mg/dl, maka perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

  • arka setiawan

    permisi pak/bu, saya mau tanya jika semalam sebelum mcu saya minum obat penurun kolestrol apakah pengaruh pada hasil darah dan urine? apakah saya tidak lolos mcu untuk pekerjaan

    • Ummi

      meminum obat penurun kolesterol semalam sebelum MCU, tidak akan langsung berpengaruh menurunkan kadar kolesterol Anda, karena obatnya tidak akan bereaksi secepat itu. paling tidak, membutuhkan waktu selama satu minggu. selain itu, juga disyaratkan untuk tidak minum obat-obatan apapun sehari sebelum MCU karena akan terdeteksi saat MCU.

  • arka setiawan

    jadi apakah si penguji tau jenis obat itu atau menyimpulkan bahwa saya pemakai narkoba?

    • Ummi

      dari hasil uji laboratorium melalui tes urin dan darah, akan diketahui tentang jenis obat apa sajakah yang dikonsumsi oleh peserta.

  • Eka Restuati

    ibu saya mau tanya kolesterol saya 231 umur 50thn apakah tinggi kolesterol saya , obat yang bisa menurunkan kolesterol namanya apa selain menjaga makanan yang berlemak

    tks

    • Ummi

      kolesterol yang berada pada angka 230 termasuk pada ambang batas beresiko tinggi. untuk itu perlu pengecekan lebih mendetil apakah ukuran LDL nya (kolesterol jahat) diatas angka 150 atau tidak. jika iya, maka termasuk berbahaya. untuk mengetahui obat apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol silahkan baca di artikel http://werno-werno.com/cara-efektif-menurunkan-kadar-kolesterol/

  • RIRIN

    umur saya 38 ,kadar kolesterol saya 220,asam urat 6,3..apakah itu berbahaya ..makasih

    • Ummi

      kadar kolesterol di angka tersebut masih tergolong aman, namun sudah berada di ambang batas beresiko tinggi. jadi, kamu harus waspada dan usahakan untuk mengurangi kadar kolesterolmu hingga berada dibawah angka 200.

  • ides

    Slmat mlm ibu ummi,

    Nama sy ides, umur 38 thn kadar kolestrol sy 188 ap itu normal?
    Obat tradisional ap yg bisa cpt menurunkan kolestrol.

    Tks
    Ides

  • umi supardi

    Assalamu alaikum umi,,,
    Saya mo tanya td saya periksa kolesterol saya 168,itu termasuk tinggi ga umi?terima kasih

    • Ummi

      waalaikum salam juga bu umi…jumlah kolesterol yang berada pada angka dibawah 200 (dalam hal ini 168) masih tergolong normal. namun, segera lakukan usaha untuk menurunkan kadar kolesterol jika angkanya diatas 200.

  • Via

    Ass umi ..
    Mau tanya mi , umur saya masih 20 tapi kolstrol saya 200 mi,pala saya selalu pusing ,mamah saya ngasih obat kolstrol untuk umuran dia(mamah) umurnya sudah 45 mi,jadi saya lanjutkan minum obatnya atau tidak ya mi ?

    Wass mi ..

  • made

    Terimaksih bu semua infonya sangat bermanfaat bagi saya umur saya 25 tahun glucose 101 mg. Cholestrol 182 triglyceride 219 mohon saran nya

    • Ummi

      sebenarnya untuk kadar kolesterol yang berada di 182 masih tergolong normal, namun kadar triglesirida yang mencapai 200 lebih, tergolong tinggi. jadi, kamu sebaiknya segera lakukan langkah antisipasi untuk menurunkan kadar kolesterol secepatnya mengingat usiamu yang masih muda.

  • made

    Saya meminum obat herbal omega rx-3 apakah itu bagus untuk menurunkan tg

  • siti hardianti

    Assalamualaikum… nama saya siti hardianti.. umur 23 tahun.. bb : 45…
    Saya cek colestroll 269…. saya harus gimana mbak…

  • ari tri sundari

    Assalamualaikum bunda….namaku ari tri sundari.aku berusia 27 th.kadar kolestrol 196 ..asam urat 5.6 sedangkan tekanan darah 100/70 apakah itu terlalu tinggi….terima kasih
    Wassalamualaikum….

    • Ummi

      sebenarnya itu belum termasuk tinggi, namun sudah berada di ambang batas kadar kolesterol tinggi. jadi, kamu perlu waspada dan segera menurunkan kadar kolesterolnya ke angka yang normal.

  • Anisyah

    Assalamualaikum ummi.. saya mau bertanya, apakah lemak yang ada di perut menunjukkan bahwa tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi? Trims..

    • Ummi

      memang, salah satu tanda dan gejala dari kolesterol tinggi adalah kelebihan berat badan. jadi jika ada lemak berlebih di perut, maka ada kemungkinan terserang kolesterol tinggi, untuk lebih pastinya, ada baiknya jika kamu melakukan tes kolesterol.

  • chie-chie

    Umur saya 32 tahun, hasil test MCU saya, Cholesterol Total 174 mg/dL, Trigliserida 38 mg/dL apa itu bagus aja yah. Terima kasih

    • Ummi

      kolesterol total yang berada di angka 174 masih tergolong normal, jadi sudah bagus…

  • adhie soetadhie

    Sy mau tanya,kemarin sy cek kolesterol di salah satu klinik di kota bogor,terus hasilnya low dan kadar asam urat 6,9.terus pala saya mmasih sering terasa pusing,pundak berat,leher kaku sm persendian sakit,terus saya cek kolesterol di apotik ternyata kadar kolesterol sy 233 dan asam urat 6,4 apakah itu di ambang batas bahaya atau tidak?

    • Ummi

      kolesterol yang berada di angka 233 sudah termasuk tinggi, jadi usahakan segera melakukan tindakan untuk menurunkan kadar kelosterol.

    • Ummi

      adhie, kolesterol yang berada di angka 233 sudah termasuk tinggi, dan bahaya. jadi, sebaiknya segera lakukan langkah untuk menurunkan kadar kolesterol kembali ke angka yang normal.

  • suci yulianti

    Ummi saya mau nanya td saya cek di lab kolestrol saya 235 asam urat 3.8 dan gula darah 128 tangan kiri dan dengkul kiri sakit dan bengkak apa itu dr kolesterol tp saya tidak di beri obat kolestrol

    • Ummi

      jika dilihat dari gejalanya, sepertinya apa yang kamu derita itu disebabkan oleh kadar kolesterol yang cukup tinggi. namun, kadar kolesterol di angka 235 masigh berada di ambang batas berbhaya. jadi, dokter kemungkinan tidak memberi obat penurun kolesterol karena belum terlalu tinggi. (dikatakan tinggi jika diatas 240 mg/dl).

Leave a Comment