Ukuran Normal Kadar Kolesterol

by Ummi on February 5, 2014

Setelah kita mengetahui macam-macam kolesterol, tentunya kita juga harus tahu apakah kadar kolesterol dalam diri kita normal atau tidak (kolesterol tinggi). Perlu diketahui kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber dari penyakit lain, seperti gangguan jantung dan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Pola makan yang tidak sehat dan seimbang adalah faktor utama penyebab penyakit kolesterol, biasanya ini erat kaitannya dengan obesitas. Namun, bukan berarti kolesterol itu mempunyai efek buruk bagi kita lho, kita tetap membutuhkan kolesterol asalkan sesuai dengan kadar normal dari kolesterol tersebut. Lha, ukuran normal kadar kolesterol itu berapa?

Untuk mengetahui kadar normal dari kolesterol dalam darah, simak uraian mengenai kadar kolesterol sebagai berikut:

Kurang dari 200 mg/dl
Ini merupakan ukiran kadar kolesterol normal. Artinya kolesterol total yakni jumlah dari kadar LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl, dengan demikian penyakit jantung tidak akan mengintip kita. Tapi bukan berarti kamu terus makan-makanan yang berlemak lho, (wah masih normal, bebas makan apa saja) tetap atur pola makan dan rajin berolahraga

Berada di kisaran 200-239 mg/dl
Termasuk tingkat kolesterol yang cukup. Kalau memang kadar kolesterol kamu berada di kisaran 200-239 mg/dl, sebaiknya cek ke laboratorium untuk mengetahui detail dari kadar LDL, HDL, dan trigliserida.

Lebih dari 240 mg/dl
Tingkat kolesterol yang beresiko tinggi. Kenapa demikian, karena seseorang dengan ukuran kadar kolesterol tersebut besar kemungkinan terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterol HDL
Kadar HDL normal untuk pria berkisar antara 40-50 mg/dl, dan antara 20-60 mg/dl untuk wanita. Jika kadar HDL semakin tinggi, maka semakin kecil pula resiko terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterol LDL
Sebaliknya, semakin sedikit kadar LDL dalam darah, maka semakin kecil resiko terkena penyakit jantung. Pada umumnya, kadar LDL terbagi dalam kategori sebagai berikut;

< 100 mg/dl = sangat bagus
Antara 100-129 mg/dl = normal
Antara 130-159 mg/dl = cukup
Antara 160-189 mg/dl = tinggi
> 190 mg/dl = sangat tinggi

Kadar normal trigliserida
Apa itu trigliserida? Trigliserida adalah semacam lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ tubuh. Lemak ini akan sangat memengaruhi kadar kolesterol, artinya jika trigliserida naik maka kadar kolesterol juga akan naik.
Kadar trigliserida terbagi menjadi beberapa kategori, yakni :

< 150 mg/dl = bagus
150-199 mg/dl = normal
200-499 mg/dl = tinggi
500 mg/dl = sangat tinggi

Dengan adanya uraian di atas, tentunya kita jadi tahu standar ukuran normal kolesterol. Untuk itu segera cek kolesterol kamu di rumah dengan alat sederhana atau lebih baik ke laboratorium agar hasil dari ukuran kolesterol bisa diketahui lebih detail..