≡ Menu
werno-werno.com

Ukuran Tekanan Darah Yang Normal Sesuai Dengan Usia

Tekanan darah biasanya akan meningkat seiring bertambahnya usia, dari mulai masa bayi sampai lanjut usia. Karena kebanyakan bayi dan anak-anak tidak berisiko mengalami masalah tekanan darah, dokter cenderung tidak mengukur tekanan darah anak-anak secara rutin. Untuk semua orang dewasa, terlepas dari berapapun usianya, tekanan darah yang normal dianggap kurang dari 120/80.

tekanan darah normal

Tekanan Darah Normal Pada Bayi Dan Anak-anak

Tekanan darah yang “normal” akan berubah sepanjang masa kanak-kanak. Yang paling rendah adalah pada bayi dan secara bertahap meningkat sepanjang masa kanak-kanak. Kecuali jika anak Anda berisiko mengalami masalah tekanan darah (misalnya, akibat dari penyakit ginjal atau diabetes), maka dokternya sepertinya tidak akan melakukan pembacaan tekanan darah sama sekali. Menentukan tekanan darah normal pada anak agak sedikit rumit, dan itu tergantung pada ukuran dan usia anak. Satu aturan praktis yang digunakan oleh dokter jagoan adalah: anak dianggap memiliki “prehipertensi” jika dia memiliki tekanan darah yang lebih besar dari 90 % anak-anak dengan usia dan ukuran tubuh yang serupa, dan memiliki “hipertensi” jika dia memiliki Tekanan darah yang lebih besar dari 95 persen.

Tekanan Darah Normal Pada Remaja, Orang Dewasa Dan Lanjut Usia

Ini mungkin mengejutkan, mengingat tekanan darah meningkat secara alami seiring bertambahnya usia, namun tekanan darah normal dianggap sama untuk semua remaja, orang dewasa dan orang dewasa yang lebih tua, yakni : di bawah 120/80. Yang pertama dari dua angka tersebut, yakni tekanan darah sistolik (angka 120), mencerminkan tekanan pada pembuluh darah saat jantung berkontraksi dan tekanan maksimal. Angka kedua, yakni tekanan darah diastolik (angka 80), mencerminkan tekanan di pembuluh darah saat jantung beristirahat, di antara kontraksi. Jika salah satu dari dua angka itu terlalu tinggi, tekanan darahnya tidak dianggap normal.

Tekanan Darah Yang Lebih Tinggi Dari Normal : Prehipertensi Dan Hipertensi

Orang dewasa dianggap memiliki prehipertensi jika pembacaan tekanan darah sistolik mereka konsisten di atas 120 tapi di bawah 140, atau jika tekanan darah diastolik mereka di atas 80 atau di bawah 90. Orang dengan prehipertensi cenderung mudah mengalami hipertensi kecuali jika mereka mengambil beberapa tindakan untuk menurunkan tekanan darah mereka.

Jika Anda memiliki tekanan darah lebih dari 140/90, maka dianggap memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dokter mungkin merekomendasikan menerapkan kebiasaan gaya hidup tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, seperti mempertahankan berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan membatasi asupan alkohol dan garam. Bergantung pada seberapa tinggi tekanan darah dan masalah kesehatan lainnya yang kamu miliki, dokter mungkin juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi obat penurun tekanan darah.

Tekanan Darah Rendah

Meskipun ini masalah yang kurang begitu umum dibandingkan tekanan darah tinggi, tekanan darah juga mungkin menjadi lebih rendah dari biasanya pada usia berapapun. Beberapa orang memiliki tekanan darah rendah secara alami tanpa mengalami gejala apapun, tetapi untuk orang lain, tekanan darah sistolik rendah – biasanya lebih rendah dari 90 – dapat menyebabkan gejala seperti pusing ringan atau pingsan. Tekanan darah rendah biasanya disebabkan oleh masalah lain, seperti dehidrasi, kehilangan darah mendadak, atau efek samping obat-obatan, dan dokter Anda akan merekomendasikan pengobatan tergantung penyebabnya.

Apa yang Bisa Membuat Tekanan Darah Normal Menjadi Abnormal?

Pada usia berapapun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pembacaan tekanan darah tinggi yang menipu, bahkan pada orang dengan tekanan darah normal yang sehat. Misalnya, kafein dan tembakau dapat menyebabkan pembacaan tekanan darah menjadi lebih tinggi; sehingga bisa melonjak tiba-tiba sebelum pembacaan tekanan darah, atau melakukan olahraga tepat sebelum pembacaan tekanan darah. Stres juga bisa meningkatkan pembacaan yang normal. Beberapa orang mengalami stres setiap kali mereka berada di kantor dokter, menyebabkan pembacaan tekanan darah yang lebih tinggi dari normal – yang disebut hipertensi lapisan putih. Orang-orang ini sering merasa terbantu untuk memantau tekanan darah mereka di rumah agar hasilnya lebih akurat.

0 comments… add one

Leave a Comment