Video tutorial cara membuat tulisan transparan pada gambar dengan coreldraw

by Ummi on December 9, 2012

Tulisan transparan yang didesain pada gambar box yang terbuat dari tanduk

Pada saat kita akan membuat sebuah artikel untuk di share melalui blog atau website kita tentunya tidak lepas dari sebuah gambar atau foto, baik untuk sekedar pelengkap atau untuk memperjelas isi artikel tersebut. Namun sangat disayangkan jika tiba-tiba gambar atau foto tersebut muncul dalam blog atau websitenya orang lain tanpa menyebutkan sumber.

Gambar yang sudah ada identitasnya, bagi mereka yang ingin copas pasti akan berpikir dua kali. Selain itu, jika gambar atau foto tersebut menarik dan bagus, mereka yang melihat gambar tersebut pasti penasaran ingin membuka website dari gambar tersebut. Nah, disinilah gunanya identitas dalam sebauh gambar.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat identitas berupa tulisan transparan pada suatu gambar atau foto dengan menggunakan coreldraw. Berikut ini langkah-langkah membuat tulisan transparan pada sebuah gambar atau foto:

  1. buka coreldraw
  2. masukkkan gambar dalam layar corel dengan didrag atau dengan menggunakan opsi import dengan klik menu file lalu pilih import atau tekan (ctrl + i) pada keyboard, lalu pilih gambar dan klik import. Dalam hal ini saya memilih sebuah gambar box segienam yang terbuat dari tanduk sapi.
  3. gunakan menu text tool atau tekan (F8) untuk memulia membuat identitas berupa tulisan
  4. letakkan tulisan tersebut pada gambar. Mengenai posisi letak tulisan terserah sesuai selera. Dalam hal ini saya memilih meletakkan tulisan tepat ditengah gambar dengan cara: klik tulisan kemudian tekan dan tahan tombol shift pada keyboard lalu klik gambar. Lepaskan mouse dan shift yang ditahan tadi kemudian tekan huruf “C” lalu huruf “E” pada keyboard. Sebenarnya dengan cara mendrag tulisan dan diarahkan ke tengah gambar juga bisa saja, namun cara ini tidak menjamin letak tulisan tepat berada ditengah-tengah gambar.
  5. gunakan interactive transparency tool yang terletak di bagian kiri layar untuk membuat efek transparan pada tulisan. Arahkan pointer yang sudah berubah menjadi bentuk gelas ke layar bagian atas, ganti “none” menjadi “uniform” kemudian atur efek transparan sesuai selera.
  6. langkah terakhir adalah mengeksport gambar yang sudah terdapat tulisan transparan tadi ke file foto, dalam hal ini saya pilih file berekstensi [.jpg] dengan cara tekan (Ctrl+E), lalu kasih nama file tersebut dan klik Export.
  7. buka file hasil Export tadi untuk melihat hasilnya.

Untuk memudahkan cara membuat tulisan transparan dengan coreldraw, berikut ini saya sertakan tutorial video di bawah ini.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: