Warna Urin Bisa Ungkap Kondisi Kesehatanmu

by Ummi on May 13, 2015

Tahukah kamu, air kencing alias urin bukan hanya merupakan cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal dan kita keluarkan setiap hari saja. Namun uniknya, warna urin juga bisa berfungsi untuk mendeteksi masalah kesehatan yang kita alami. Urin bisa memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari oranye, kuning gelap hingga ungu. Warna kuning adalah warna standar dari urin. Warna ini berasal dari Urochrome, yang merupakan versi patahan dari empedu. Ingin tahu apa saja arti dari setiap warna urin ? simak ulasan lengkapnya berikut ini:

arti dari warna urin

  • Kuning gelap

Jika warna urinmu kuning gelap, maka saatnya untuk menghidrasi tubuh dengan minum lebih banyak air. “Idealnya jika urin diletakkan di botol bening, kamu mestinya bisa membaca koran atau tablet melalui itu. Namun jika urinmu berwarna lebih gelap, itu tandanya kamu mungkin butuh minum lebih banyak”, jelas pakar urologist Marc Laniado.

  • Bening tanpa warna

Jika warnanya bening untuk periode waktu yang lebih lama, itu bisa jadi tanda dari penyakit Diabetes Insipidus. Orang yang menderita jenis diabetes yang langka ini, akan mengeluarkan terlalu banyak air, dan mempengaruhi warna urin. Hal itu juga membuat seseorang merasa lebih haus, dan mengganggu daur tidur mereka karena terlalu sering pergi ke kamar mandi.

  • Kuning Neon

Tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan tentang warna ini. Perubahan warna ini kebanyakan mungkin hasil dari terlalu banyak vitamin. Berhubung tubuh bisa menyerap vitamin B dan C dengan cepat, namun mereka tidak bisa mneyimpannnya, jadi itu harus dikeluarkan melalui uirn.

  • Oranye

Ini juga bisa berarti kamu terkena dehidrasi atau teralu banyak memakan makanan asin. Biang kerok serius lain adalah adanya kista atau tumor yang menghalangi saluran empedu, dan menyebabkan penyakit kuning.

  • Biru

Pewarna makanan atau obat-obatan tertentu bisa membuat warna urin berubah menjadi warna biru yang tak terduga ini.

  • Hijau

Ini bisa pertanda dari penyakit UTI (Infeksi Saluran Kencing) yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Warna ini juga bisa berasal dari pengobatan penyakit Parkinsons dan anti depresan.

  • Merah

Merah bisa menjadi pertanda dari adanya kanker di saluran kencing dan harus disikapi dengan serius.

  • Ungu

Ini bisa jadi pertanda dari Porphyria, sekelompok gangguan langka yang bisa mempengaruhi system syaraf dan kulit.

  • Coklat

Jika urinmu berwarna coklat atau hitam, ini bisa disebabkan oleh obat-obatan laksatif.

  • Putih

Urin yang berwarna putih / keruh bisa jadi serius, karena disebabkan oleh infeksi bakteri.

Jika warna urinmu tidak berwarna kuning, maka segera periksakan kondisimu lebih lanjut untuk mengetahui kondisi pasti dari kesehatanmu.