Waspadai Gejala & Penyebab Mudah Lelah

by Ummi on February 10, 2014

Pernahkah kamu merasa mudah lelah, letih dan capek tanpa diketahui penyebab pasti dari hal tersebut. Padahal, mungkin kita merasa tidak melakukan pekerjaan yang berat dan beraktivitas seperti biasanya. Sebenarnya apa sih penyebab & gejala mudah lelah itu?

Waspadai Gejala & Penyebab Mudah Lelah

Penyebab mudah lelah

  1. Terlalu tegang atau kuatnya tekanan emosi. Banyak faktor yang memicunya, di antara tekanan pekerjaan yang mengepung atau mungkin ditambah dengan masalah rumah tangga atau masalah-masalah lain yang sifatnya mengganggu ketenangan pikiran.
  2. Jika ditinjau dari segi gizi, rasa mudah lelah bisa jadi akibat kekurangan zat-zat organik dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  3. Diet yang tidak seimbang, makanya harus tepat dan tau tips diet sebelum kamu memutuskan untuk berdiet.
  4. Apabila mudah lelah itu sering kali datang, patut berhati-hati bahwa hal tersebut bukan tidak mungkin merupakan gejala atau salah satu tanda adanya penyakit akut yang menghinggapi seperti diabetes mellitus, anemia, berkurangnya fungsi hormone thyroid, dan penyakit jantung yang tidak terdiagnosis.
  5. Adanya jaringan sel yang sudah rusak dan sisa-sisa makanan yang menumpuk dalam tubuh. Seandainya sisa-sisa makanan itu tidak dibersihkan dengan cara three day cleansing, maka sisa tersebut justru jadi makanan empuk bakteri sehingga kondisi kesehatan jadi tergerogoti.

Gejala mudah lelah

  1. Perasaan lelah, letih, lemah, dan rasa sulit untuk menjalankan aktivitas
  2. Pusing, atau disertai dengan flu berkepajangan.
  3. Berkurangnya kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan.
  4. Adanya kelainan-kelainan fisiologis, misalnya perubahan sel darah, tekanan darah, dan lain sebagainya.
  5. Tidak bisa tidur nyenyak, bahkan tidak bisa tidur atau insomnia. Sehingga justru pada saat kerja di kantor malah ketiduran. Namanya juga ketiduran, pasti bukanlah merupakan tidur yang berkualitas yang bisa membuat fresh saat bangun.
  6. Nyeri otot dan tenggorokan.
  7. Penurunan daya ingat
  8. Nyeri pada ketiak dan leher (kelenjar limfa)

Jika hal ini terus dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan berobat ke dokter, bisa berakibat chronic fatigue syndrome (penyakit kelelahan yang terus berkepanjangan hingga lebih dari enam bulan). Sebelum memutuskan untuk berobat ke dokter, kamu bisa melakukan pengobatan secara alami dulu.

Dengan adanya ulasan tentang penyebab dan gejala mudah lelah, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa mudah lelah tidak semata disebabkan oleh pekerjaan yang berat, selain faktor gizi, faktor ketenangan pikiran juga berperan penting dalam hal ini..